Kompas TV cerita ramadan panduan

Ini Hukum Berhubungan Badan saat Bulan Ramadan, Tidak Batalkan Puasa Asal ...

Rabu, 14 April 2021 | 01:15 WIB
ini-hukum-berhubungan-badan-saat-bulan-ramadan-tidak-batalkan-puasa-asal
Ilustrasi hubungan badan saat bulan Ramadan. (Sumber: Pixels via Kompas.com)

SOLO, KOMPAS.TV- Setiap Muslim yang menjalankan puasa di bulan Ramadan diuji kesabarannya dalam berbagai hal. Mulai dari menahan rasa lapar dan haus, hingga menahan hawa nafsu semala menjalankan ibadah puasa.

Lantas selama bulan suci Ramadan, bagaimana ketentuan hubungan badan pasangan suami istri (pasutri). Terlebih di siang hari dan saat masih menjalankan puasa. Bagaimana hukumnya, batalkah puasanya?

Sejatinya, hubungan badan pasutri saat bulan Ramadan tetap diperbolehkan bahkan tidak membatalkan puasa asalkan dilakukan di malam hari.

Baca Juga: Ramadan Tiba, Umat Muslim di Berbagai Belahan Dunia Mulai Berpuasa

Melansir Kompas.com, Kamis (30/4/2020), Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solo, Musta'in Ahmad menjelaskan, berhubungan badan antara suami dan istri saat bulan Ramadan, tidak akan membatalkan puasa.

Namun, hal itu berlaku bila hubungan badan yang dilakukan pasutri itu dilakukan pada malam hari sebelum waktu shalat subuh tiba. Apabila berhubungan badan dilakukan pada siang hari ketika masih dalam keadaan berpuasa, ia menegaskan praktis membatalkan puasa.

"Bila dilakukan siang hari (berhubungan badan), ya, akan membatalkan puasanya," tegas Musta'in.

Penulis : Gading Persada





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:43
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN FOKUS SIAPKAN SDM KOMPETEN UNTUK KAMPUNG PERIKANAN BUDIDAYA   PRESIDEN JOKOWI OPTIMISTIS TARGET PERTUMBUHAN EKONOMI 2021 SEBESAR 4,5-5,5 PERSEN TERCAPAI   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE: VAKSINASI NASIONAL ADALAH SALAH SATU UPAYA DALAM MENCAPAI KEKEBALAN KELOMPOK   MENKOMINFO JOHNNY G PLATE: MESKIPUN VAKSINASI DILAKUKAN, MASYARAKAT TIDAK BOLEH LENGAH PROTOKOL KESEHATAN   MENKOMINFO: HINGGA 30 APRIL 2021, ADA 1.556 HOAKS SOAL COVID-19 DAN 177 SOAL VAKSIN   MENDAGRI TITO KARNAVIAN INGATKAN PEMDA MEMPERMUDAH PERIZINAN USAHA BAGI INVESTOR   KSPI PASTIKAN SETIAP PESERTA BURUH TELAH SIAP LAKUKAN TES ANTIGEN, JAGA JARAK, DAN MEMAKAI MASKER   PRESIDEN KSPI SAIQ IQBAL: AKSI "MAY DAY" PADA 1 MEI AKAN DILAKUKAN DENGAN MENGIKUTI PROTOKOL KESEHATAN   BANDARA HALIM PERDANAKUSUMA, JAKTIM, TERUS LAKUKAN PERSIAPAN GUNA LAKSANAKAN TES GENOSE SEBAGAI SYARAT PENUMPANG   FOKUS CEGAH VARIAN BARU VIRUS KORONA, PEMERINTAH PERKETAT KEPULANGAN PEKERJA MIGRAN JELANG LEBARAN   JELANG LARANGAN MUDIK, KEPOLISIAN RESOR BOGOR KOTA TERAPKAN SISTEM GANJIL-GENAP PADA AKHIR PEKAN INI   DISHUB DKI: OKNUM PNS DISHUB DKI YANG MENJADI KURIR NARKOBA DI ACEH AKAN DIBERHENTIKAN SECARA TIDAK HORMAT   KEMENTERIAN PUPR: SEBANYAK 8.115 RUMAH TIDAK LAYAK HUNI DI KALBAR MENDAPAT PROGRAM BEDAH RUMAH   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO TEGASKAN TIDAK ADA PENGECUALIAN TERKAIT LARANGAN MUDIK