Kompas TV regional berita daerah

Menunggu Buka Puasa Penggemar Burung Paruh Bengkok

Kompas.tv - 14 April 2021, 00:04 WIB
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Menunggu waktu berbuka puasa, banyak dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yang dilakukan komunitas penggemar burung paruh bengkok di Palembang, dengan melakukan latihan bersama jelang petang.

Berbagai jenis burung paruh bengkok diterbangkan dalam latihan bersama tersebut.

Mengambil lokasi di salah satu Situ yang berada di Kawasan Bukit Sangkal Kalidoni Palembang, sekelompok penggemar burung paruh bengkok berbagai jenis menggelar latihan sore.

Burung mulai jenis Catalena, hely dan lainnya, merupakan burung paruh bengkok asal Amerika, yang kini banyak digemari di Palembang dengan membentuk komunitas.

Latihan biasa dilakukan komunitas yang mengemari burung karena warna bulu dan kedekatannya dengan pemiliknya ini, pada sore hari karena sengaja untuk menunggu buka puasa.

Burung akan diterbangkan bebas ke udara dengan waktu tertentu dan akan kembali pada pemiliknnya. Semakin lama terbang maka dalam sebuah kontes akan menjadi pemenangnya.

Sudah 3 tahun terakhir komunitas ini berdiri, yang berencana akan mengembangkan jenis burung ini, karena untuk Palembang masih didatangkan dari Semarang dan Jakarta.

Pemeliharaan burung yang dapat berusia 50 tahun ini, dengan memberi makan biji-bijian dan buah, serta membersihkan kandang setiap hari. Sementara sakit yang sering diderita burung paruh bengkok ini gugur bulu akibat setres.

#Burung #ParuhBengkok #BukaPuasa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x