Kompas TV nasional berita utama

Batalion Iman, Nama Grup WA Terduga Teroris yang Ditangkap Densus 88 di Makassar: Ada Aksi Amaliyah

Kompas.tv - 13 April 2021, 23:27 WIB
batalion-iman-nama-grup-wa-terduga-teroris-yang-ditangkap-densus-88-di-makassar-ada-aksi-amaliyah
Anggota Densus 88 membawa terduga teroris dari Makassar setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (4/2/2021). Sebanyak 26 orang terduga teroris yaitu 19 orang dari Makassar dan 7 orang dari Gorontalo yang tergabung dalam Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dibawa ke Jakarta untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh Densus 88. (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan )
Penulis : Gading Persada | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap 6 terduga teroris di Makassar, Sulawesi Selatan pada Selasa (13/4/2021).

Dalam berkomunikasi diketahui keenam orang yang ditangkap ini menggunakan sebuah whatsapp grup (WAG) yang diberi nama ‘Batalion Iman’.

Kepala Biro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyampaikan grup WA tersebut ternyata membahas sejumlah aksi amaliyah yang akan dilakukan kelompok tersebut.

"Mereka membuat grup WA. Nama grup tersebut itu Batalion Iman. Di mana dalam komunikasi dalam grup WA tersebut mereka membicarakan tentang rencana-rencana amaliyah selanjutnya," kata Brigjen Rusdi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Baca Juga: Ini Rangkaian Penggeledahan Densus 88 di Yogyakarta Selama Akhir Pekan Lalu

Adapun keenam terduga teroris yang ditangkap hari ini, kata Rusdi, yakni masing-masing berinsial J, D, MS, S alias AL, W dan S. 

Mereka diamankan di sekitar Kabupaten Gowa dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Selain itu, terduga teroris tersebut juga membahas perihal perakitan bahan peledak ataupun bom di grup WA tersebut.

"Dalam grup WA tersebut mereka mempraktikan bagaimana membuat atau merakit bahan peledak," jelas Rusdi.

Dalam penangkapan para pelaku, Rusdi menyatakan tim Densus 88 Antiteror juga mengamankan 1 senapan angin, ponsel hingga kendaraan sepeda motor.

Baca Juga: Geledah Ponpes Putri dan Rumah di Sleman, Densus 88 Temukan Busur dan Anak Panah

"Polisi amankan 1 senapan angin yang digunakan untuk latihan mereka, bagaimana menggunakan senjata. Kemudian juga 7 buah HP, dan 1 kendaraan roda 2," ungkapnya seperti dikutip dari Tribunnews.

Lebih lanjut, ia menambahkan keenam terduga teroris ini merupakan kelompok teroris yang pernah melakukan kajian di Villa Mutiara.

Ke depan, pihaknya masih memburu kelompok lainnya yang terkait dengan aksi ini.

"Densus terus mengembangkan kasus dari kelompok Villa Mutiara Ini. Mudah-mudahan Densus bisa selesaikan permasalahan-permasalahan yang dihubungkan dengan kelompok mutiara Makassar ini, sehingga betul-betul bisa ciptakan situasi aman," pungkas Rusdi.

Baca Juga: Kurang dari Sepekan, Polisi Tangkap 23 Orang Terduga Teroris Pasca Bom Bunuh Diri Makassar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x