Kompas TV nasional sapa indonesia

Polemik Vaksin Sinovac dan Syarat Umroh yang Wajibkan Jamaah Gunakan Vaksin Bersertifikat WHO

Rabu, 14 April 2021 | 01:01 WIB

KOMPAS.TV - Pemerintah Arab Saudi, mewajibkan seluruh warga negara yang memasuki wilayahnya telah divaksinasi dengan vaksin yang telah disertifikasi WHO.

Arab Saudi menggunakan, 3 vaksin yang telah mendapat Emergency Use List dari WHO diantaranya, Vaksin Covid-19, Produksi Pfizer, Moderna dan Astrazeneca.

Kini, jemaah umrah asal Indonesia, tengah menanti kepastian terkait vaksin Covid-19 produksi Sinovac di Badan Kesehatan Dunia (WHO), sebagai syarat melakukan umrah.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas, menyebut Vaksin Sinovac belum tersertifikasi WHO, saat rapat dengar pendapat di DPR, 9 April lalu.

Menteri Agama menyebut, kemungkinan sertifikasi Vaksin Sinovac masih dalam proses.

Namun, pihak Kementerian Agama, memastikan hingga kini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Arab Saudi yang menyebut warga Indoensia tak boleh masuk ke Arab Saudi karena vaksinnya memakai Sinovac.

Bagaimana kepastian izin umrah bagi jemaah haji Indonesia, termasuk syarat vaksin tertentu yang ditentukan pemerintah Arab Saudi?

Simak pembahasan selengkapnya bersama Konsul KJRI Jeddah Endang Jumali dan Sekjen DPP Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Mohammad Farid Aljawi.

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:12
PRESIDEN ASOSIASI SEPAK BOLA ITALIA ANCAM KELUARKAN JUVENTUS DARI SERIE A APABILA TAK TINGGALKAN LIGA SUPER EROPA   SEBUAH HELIKOPTER JATUH DI PROVINSI YUNAN, TIONGKOK SEBABKAN DUA PILOT TEWAS DAN DUA AWAK LAINNYA HILANG   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: AKTIVITAS MAL HINGGA BIOSKOP DI ZONA MERAH DAN ORANYE DIHENTIKAN SEMENTARA   KEMENAG SULAWESI TENGGARA AKAN FOKUSKAN PANTAUAN 1 SYAWAL 1442 HIJRIAH DI KOLAKA   BMKG: GEMPA MAGNITUDO 5,5 GUNCANG MELONGUANE, KEPULAUAN TALAUD, SULAWESI UTARA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO AJAK MASYARAKAT BELANJA PRODUK LOKAL UNTUK LEBARAN   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: PEKERJA MIGRAN YANG PULANG KE INDONESIA DIBERIKAN PENANGANAN KHUSUS   KEMENKO PEREKONOMIAN: JUMLAH PEKERJA MIGRAN INDONESIA YANG PULANG PERIODE APRIL-MEI CAPAI 49.682 ORANG   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: PPKM MIKRO AKAN DIPERPANJANG MULAI 18 HINGGA 31 MEI 2021   KAKORLANTAS SEBUT PEMUDIK YANG LOLOS PENYEKATAN DI BEKASI AKAN DIPUTARBALIKKAN DI POS BERIKUTNYA   KAKORLANTAS POLRI: ADANYA LARANGAN MUDIK, VOLUME KENDARAAN KE JAWA TENGAH DAN JAWA TIMUR MENURUN   POLDA METRO JAYA KERAHKAN RATUSAN PERSONEL TAMBAHAN UNTUK PERKUAT PENJAGAAN DI BEKASI   HINGGA HARI KELIMA PELARANGAN MUDIK, SUDAH 104.370 KENDARAAN DIPUTAR BALIK OLEH PETUGAS   MENHUB BUDI KARYA SUMADI MENYEBUT KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK LEBARAN DITERIMA MASYARAKAT DENGAN BAIK