Kompas TV cerita ramadan cerita

Andre Moller, Dokumentasi Ramadan di Jawa dan Feminis Barat

Rabu, 14 April 2021 | 04:00 WIB
andre-moller-dokumentasi-ramadan-di-jawa-dan-feminis-barat
Penulis Buku "Ramadan di Jawa", Andre Moller  (Sumber: twitter Andre Moller)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Andre Moller adalah ahli bahasa dan penulis buku kelahiran Swedia tahun 1975. Salah satu bukunya mendokumentasikan tradisi puasa di masyarakat Jawa yang diberi judul Ramadan di Jawa, Pandangan dari Luar  yang diterbitkan Penerbit Nalar tahun 2005. 

Buku ini merupakan disertasi Andre Moller, yang terbilang jarang karena tema ramadan tidak banyak  diangkat ke dalam disertasi oleh peneliti Barat.

"Bayangkan saja, misalnya, betapa menariknya jika kita memiliki dokumentasi tentang umat Islam di Jawa selama bulan puasa dari tahun 1930an!" kata Andre dalam kata pengantarnya.

Salah satu kajian dari buku karya Andre ini adalah peran perempuan selama bulan puasa. Menurut Andre, peran perempuan selama ibadah puasa sama dengan kaum pria. Namun, ada beberapa hal yang berbeda bahkan bisa menimbulkan keanehan tersendiri.

Baca Juga: Lemang Ketan Kramat Jadi Rebutan Warga Saat Buka Puasa Perdana di Bulan Ramadan 2021

"Di dalam masjid,  biasanya lelakilah yang membaca Quran, tapi selain itu merupakan kesan saya bahwa para perempuan di Jawa lebih rajin membaca Quran dibandingkan dengan para lelaki," katanya.

Andre mencatat beberapa hal yang hanya dilakukan kaum pria. " Berhubungan dengan takbiran dan sesi rukyatul hilal, memang diperlukan lelaki (sebagaimana diharuskan mazhab Syafii). Mungkin saja keadaan ini mengagetkan sejumlah tokoh feminis di Barat. Akan tetapi saya tidak pernah mendengar keluhan dari para perempuan di Jawa atas keadaan ini," ungkapnya.

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Tertipu Calo Tenaga Kerja

Minggu, 9 Mei 2021 | 21:28 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:34
POLISI BURU SATU BURONAN ATAS KEPEMILIKAN SENJATA API DI KAMPUNG AMBON, JAKBAR   KADISDIK DKI JAKARTA: SELURUH PROSES PPDB TAHUN AJARAN BARU 2021/2022 DILAKSANAKAN SECARA DARING   PLT JUBIR KPK ALI FIKRI MINTA MASYARAKAT BERHATI-HATI TERKAIT PERMINTAAN DANA YANG MENGATASNAMAKAN KPK   KOMNAS PEREMPUAN MINTA AKSES LANGSUNG KE BKN UNTUK KAJI PERTANYAAN TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK) KPK   JUMLAH PENUMPANG PESAWAT DI BANDARA SOEKARNO-HATTA TURUN HINGGA 90 PERSEN SELAMA LARANGAN MUDIK LEBARAN   WAKIL KETUA DPR MUHAIMIN ISKANDAR MINTA PEMERINTAH TOLAK SEMUA WNA YANG MASUK KE INDONESIA DI TENGAH LARANGAN MUDIK   SATPOL PP DKI IMBAU PARA PEDAGANG PASAR TANAH ABANG TAK BERJUALAN DI ATAS TROTOAR JALAN UNTUK CEGAH KERUMUNAN   WALI KOTA JAKPUS DHANY SUKMA MEMPREDIKSI JELANG LEBARAN PASAR TANAH ABANG AKAN SEMAKIN BANYAK PENGUNJUNG   KEMENKES: PEMBAYARAN INSENTIF TENAGA KESEHATAN RSD COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN MASIH DALAM PROSES   CEGAH KLASTER BARU COVID-19, MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA KEPALA DAERAH LARANG KERUMUNAN JELANG LEBARAN   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO TEGASKAN LOKASI WISATA DI WILAYAH ZONA MERAH HARUS DITUTUP SAAT LIBUR LEBARAN   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA PENYEKATAN MUDIK JELANG LEBARAN DIPERKETAT   KEMENKES: SEBANYAK 1.499.707 TENAGA KESEHATAN SUDAH DIVAKSINASI DOSIS PERTAMA DAN 1.364.543 DOSIS KEDUA   KEMENKES: HINGGA 9 MEI 2021, JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI DOSIS KEDUA MENCAPAI 8.634.546 ORANG