Kompas TV regional berita daerah

Jual Ekoenzim Sabun dari Kulit Buah, Pembeli Diminta Bayar dengan Sampah

Kompas.tv - 13 April 2021, 15:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV -Serorang warga di Jember Jawa Timur jualan ekoenzim sabun dan pupuk cair dari olahan kulit buah fermentasi. Uniknya warga yang membeli tak perlu dengan uang, namun dengan menukarkan sampah botol plastik dan kertas untuk didaur ulang.

Adalah Dina Putu Ayu yang memproduksi ekoenzim sabun cair dan pupuk cair berbahan kulit buah. Produksi dilakukan di rumahnya di Jalan Kalimantan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.

Dina Putu Ayu mengatakan bahwa kulit dari beragam buah difermentasi dengan campuran bahan kolase dan air lalu disimpan selama 90 hari.

Ekoenzim dapat digunakan untuk sabun cair pencuci piring, perabotan dan pembersih lantai. Bahkan dapat digunakan sebagai pupuk cair tanaman, obat gatal kulit dan bahan penyegar wajah.

Warga yang menginginkan ekoenzim tidak harus mengeluarkan uang, namun hanya dengan menukarkan sampah organik maupun anorganik.

Sampah yang dikumpulkan dari pembeli didaur ulang oleh Dina untuk keperluan lainnya. Apa yang dilakukan Dina Putu Ayu itu sebagai salah satu kegiatan menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkan hal sekecil apapun yang terbuang percuma.

 

#EkoenzimSabunPupuk #FermentasiKulitBuah #KebersihanLingkungan



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.