Kompas TV regional berita daerah

Jual Ekoenzim Sabun dari Kulit Buah, Pembeli Diminta Bayar dengan Sampah

Selasa, 13 April 2021 | 15:30 WIB

JEMBER, KOMPAS.TV -Serorang warga di Jember Jawa Timur jualan ekoenzim sabun dan pupuk cair dari olahan kulit buah fermentasi. Uniknya warga yang membeli tak perlu dengan uang, namun dengan menukarkan sampah botol plastik dan kertas untuk didaur ulang.

Adalah Dina Putu Ayu yang memproduksi ekoenzim sabun cair dan pupuk cair berbahan kulit buah. Produksi dilakukan di rumahnya di Jalan Kalimantan Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember.

Dina Putu Ayu mengatakan bahwa kulit dari beragam buah difermentasi dengan campuran bahan kolase dan air lalu disimpan selama 90 hari.

Ekoenzim dapat digunakan untuk sabun cair pencuci piring, perabotan dan pembersih lantai. Bahkan dapat digunakan sebagai pupuk cair tanaman, obat gatal kulit dan bahan penyegar wajah.

Warga yang menginginkan ekoenzim tidak harus mengeluarkan uang, namun hanya dengan menukarkan sampah organik maupun anorganik.

Sampah yang dikumpulkan dari pembeli didaur ulang oleh Dina untuk keperluan lainnya. Apa yang dilakukan Dina Putu Ayu itu sebagai salah satu kegiatan menjaga kebersihan lingkungan dan memanfaatkan hal sekecil apapun yang terbuang percuma.

 

#EkoenzimSabunPupuk #FermentasiKulitBuah #KebersihanLingkungan

Penulis : KompasTV Jember





BERITA LAINNYA


Berita Daerah

HUT KOTA BANGLI KE 817

Rabu, 12 Mei 2021 | 17:52 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
18:49
DOKTER INDIA PERINGATKAN KEPERCAYAAN MANDI KOTORAN SAPI UNTUK MENANGKAL COVID-19 TIDAK ADA MANFAATNYA   TANGKAL PEREDARAN HOAKS DAN BERITA KELIRU, FACEBOOK BAKAL INGATKAN PENGGUNA UNTUK BACA SEBELUM MENYEBARKAN BERITA   26 WARGA PALESTINA DI JALUR GAZA TEWAS AKIBAT SERANGAN UDARA ISRAEL   SEBANYAK 23 ORANG TERLUKA AKIBAT RUKO 2 LANTAI DI JALAN KL YOS SUDARSO, KOTA MEDAN, HANGUS TERBAKAR   PEMPROV LAMPUNG: SEMUA TEMPAT WISATA AKAN DIBUKA KEMBALI PADA 17 MEI 2021 DENGAN KAPASITAS MAKSIMUM 25%   PEMPROV LAMPUNG TUTUP SEMENTARA SEMUA TEMPAT WISATA SAAT LIBUR LEBARAN GUNA CEGAH PENULARAN KORONA   TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS, LAMPUNG, MASIH MENUTUP PINTUNYA BAGI WISATAWAN SELAMA LIBUR LEBARAN   POLDA METRO JAYA: 310 KG SABU YANG DISELUNDUPKAN DARI IRAN BERNILAI RP 400 MILIAR   KAPOLRI SEBUT MUDIK DILARANG AGAR MASYARAKAT TERHINDAR DARI RISIKO PENULARAN COVID-19   KAPOLRI: KAMI APARAT YANG TERGABUNG DALAM PENYEKATAN MUDIK TIDAK BERMAKSUD MELARANG MASYARAKAT MUDIK   KAPOLRI MINTA PEMERIKSAAN DAN PENGAWASAN DIPERKETAT BAGI WNI DAN WNA YANG MASUK KE RI MELALUI SOEKARNO-HATTA   SATGAS COVID-19 TEGASKAN SETIAP PIHAK HARUS MEMATUHI KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK LEBARAN   SATGAS COVID-19 MINTA PEMDA KARANTINA 5 HARI WARGA YANG TELANJUR MUDIK   SATGAS COVID-19 IMBAU MASYARAKAT DI ZONA MERAH DAN ORANYE KORONA TIDAK SILAHTURAHMI SECARA FISIK