Kompas TV regional berita daerah

Blangikhan, Tradisi Mandi di Sungai Jelang Ramadan

Selasa, 13 April 2021 | 15:20 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Di Lampung ada tradisi atau cara yang dilakukan masyarakat muslim untuk menyambut bulan Ramadan.

Tradisi Blangiran, berupa mandi di sungai sebagai simbol membersihkan diri atau dalam bahasa Lampung disebut Blangikhan.

Aliran sungai yang berada di kawasan wisata Bumi Kedaton di Jalan Wan Abdur Rahman, Batu Putu, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung inilah yang kerap dijadikan warga sebagai tempat untuk membersihkan diri.

Tak hanya mandi biasa, tradisi ini dikreasikan dengan prosesi adat Lampung yang kaya akan nilai budaya.

Seperti saat kedatangan tokoh adat dan pejabat pemerintahan yang diarak menggunakan kereta kencana, saat tiba mereka disambut lantunan sajak yang berisi sastra Lampung sebagai ungkapan selamat datang.

Baca Juga: Sulap Stik Es Krim Jadi Kostum Action Figure Jepang

Tamu yang hadir juga disuguhkan tari bedana yang dibawakan oleh muda-mudi Lampung. Selanjutnya, pemecahan kendi berisi air campuran bunga di pinggir sungai menjadi tanda dimulainya blangiran.

Muli mengkhanai atau muda mudi Lampung langsung turun ke sungai dan mulai mandi membersihkan diri.

Di atas jembatan, nampak pula perwakilan pemerintah, penyelenggara acara dan tokoh adat melepaskan sejumlah ikan ke sungai, sebagai simbol agar budaya Lampung tetap eksis di tengah perkembangan zaman yang semakin modern.

Banyaknya anak-anak muda Lampung yang berpartisipasi dalam kegiatan adat, menjadi harapan bahwa budaya akan semakin dikenal jika dirawat dan dilestarikan.

Selain menjadi simbol warga Lampung siap menjalani bulan Ramadan dengan suka cita dan hati yang bersih, tradisi Blangiran merupakan warisan budaya yang masih dirawat dan dilestarikan hingga saat ini.

#Blangiran #Blangikhan #BudayaLampung #Ramadan1442H

Penulis : Kompastv Lampung





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:39
JUMLAH KASUS KORONA DI MESIR: 232.905 POSITIF, 174.217 SEMBUH, 13.655 MENINGGAL DUNIA    MESIR LARANG PERAYAAN IDUL FITRI SECARA MASSAL SEIRING NAIKNYA KASUS COVID-19 HARIAN    PFIZER DAN BIONTECH SEPAKAT MENYUPLAI VAKSIN COVID-19 UNTUK PESERTA OLIMPIADE TOKYO    SELANDIA BARU MENYATAKAN KOMITMEN UNTUK MENGIKUTI OLIMPIADE TOKYO TAHUN INI    LEBIH DARI 100 WARGA BERLINDUNG KE KANTOR BUPATI PUNCAK, PAPUA, SAAT KKB LEPASKAN TEMBAKAN    INDONESIAN PUBLIC INSTITUTE SEBUT PENYELESAIAN KONFLIK DI PAPUA PERLU PENDEKATAN KOLABORATIF    DENSUS 88 TANGKAP DPO TERDUGA TERORIS DI SUKABUMI    HARI PERTAMA LARANGAN MUDIK, JAM OPERASIONAL PENERBANGAN PESAWAT DI BANDARA EL TARI KUPANG HANYA BERLANGSUNG 6 JAM    SEBANYAK 53 ORANG DI RUTAN BATUSANGKAR, SUMBAR, POSITIF TERINFEKSI COVID-19    SATU PENUMPANG PESAWAT DARI BANDARA AHMAD YANI SEMARANG POSITIF COVID-19, 12 ORANG DI”TRACING”    PENGELOLA BANDARA AHMAD YANI SEMARANG MENGAKU LALAI SOAL PENUMPANG POSITIF COVID-19 BISA TERBANG    MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO SEBUT PEMERINTAH AKAN BERI INSETIF PAJAK UNTUK SEKTOR RITEL    DINKES SULAWESI TENGAH: 83.338 ORANG DI 13 KABUPATEN DI SULTENG TELAH DIVAKSIN COVID-19    MANTAN KOMISIONER KPK LAODE M SYARIF KECEWA MK TOLAK PERMOHONAN UJI FORMIL UU KPK