Kompas TV nasional kesehatan

Ayo Sehat: Tips Berbuka Puasa Bagi Penderita Asam Lambung

Selasa, 13 April 2021 | 15:07 WIB

KOMPAS.TV – Sebenarnya sah-sah saja penderita asam lambung menjalani puasa, tapi tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dilansir dari Kompas.com, ahli mengatakan bahwa berpuasa di bulan Ramadhan tidak hanya memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan tetapi juga dapat mengatasi masalah asam lambung.

Hal ini telah dibuktikan salah satunya lewat penelitian yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB dan tiga orang koleganya yang dipublikasikan Januari 2016.

Tidak hanya beradaptasi dengan pola makan, namun menu berbuka puasa juga menjadi hal penting.

Lalu makanan seperti apa yang perlu dihindari saat berbuka puasa untuk si penderita asam lambung?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Penyakit Lambung dan Pencernaan, Ari Fahrial Syam menjelaskan, secara umum orang dengan sakit asam lambung tidak dianjurkan mengkonsumsi coklat, keju, lemak, asam, pedas, dan goreng-gorengan.

Oleh karena itu orang dengan penderita asam lambung harus pintar-pintar dalam mengatur makan.

Ari menyarankan, pada saat sahur lebih baik mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna, dan ingat jangan meminum kopi.

Dilansir dari Kompas.com, kafein yang terdapat dalam kandungan kopi dapat meningkatkan produksi asam dan peradangan pada lambung. Selain itu, kafein dapat membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah, sehingga asam lambung dapat naik sampai ke kerongkongan, seperti pada penderita refluks asam lambung (GERD).

Ari mengatakan, pilihan pertama saat berbuka puasa adalah meminum air putih, setelah itu mengkonsumsi makanan kecil atau bisa juga kurma, lalu baru memakan makanan yang berat.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Jaga Pandanganmu

Senin, 10 Mei 2021 | 19:51 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:10
MENTERI PERHUBUNGAN JELASKAN PENGENDALIAN TRANSPORTASI JELANG LEBARAN HINGGA HARI INI BERJALAN DENGAN BAIK   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: DARI EVALUASI SEMENTARA, PERGERAKAN PENUMPANG JELANG LEBARAN TURUN SIGNIFIKAN   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SEBUT 99 PERSEN WARGA JABAR TIDAK MUDIK LEBARAN   MENPERIN AGUS GUMIWANG: PEMERINTAH BERKOMITMEN UNTUK PERCEPAT PEMBANGUNAN KAWASAN INDUSTRI HALAL   MENSOS TRI RISMAHARINI: APLIKASI E-PERFORMANCE DAPAT BANTU UKUR PRODUKTIVITAS KERJA ASN DAN INSTITUSI TERKAIT   KEMENSOS RI AKAN TERAPKAN PENILAIAN KINERJA ASN DENGAN APLIKASI E-PERFORMANCE   PEMERINTAH INDONESIA DESAK DEWAN KEAMANAN PBB AMBIL TINDAKAN ATAS PELANGGARAN YANG DILAKUKAN ISRAEL   PRESIDEN JOKOWI: INDONESIA MENGUTUK PENGUSIRAN WARGA PALESTINA OLEH ISRAEL   DISDIK DKI JAKARTA: SISTEM ZONASI PPDB DKI JAKARTA 2021 UTAMAKAN CALON SISWA DI SATU LINGKUNGAN RT DAN RW   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: JABODETABEK SEPAKAT ANJURKAN SHALAT IDUL FITRI DI RUMAH   PERKEMBANGAN KASUS COVID-19 HARI INI: SEBANYAK 4.891 ORANG POSITIF, 6.338 SEMBUH, DAN 206 MENINGGAL DUNIA   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN PASTIKAN FASILITAS RS DI INDONESIA SIAP HADAPI LONJAKAN KASUS COVID-19   KOMISI IX DPR MINTA PEMERINTAH JELASKAN PENYEBAB PRIA YANG MENINGGAL SEUSAI DISUNTIK VAKSIN ASTRAZENECA   ISTANA NEGARA TEGASKAN PRESIDEN JOKOWI TIDAK MUDIK LEBARAN TAHUN INI