Kompas TV regional berita daerah

Ternak Kambing Etawa, Bisnis Yang Menjanjikan

Kompas.tv - 13 April 2021, 13:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Bisnis ternak kambing etawa ternyata sangat menguntungkan. Itulah yang dirasakan salah satu peternak kambing etawa di daerah Gunung Pati, Kota Semarang. Dengan ternak yang jumlahnya 25 ekor kambing etawa, peternak bisa meraup keuntungan hingga 1 juta rupiah per harinya.

Hampir setiap hari Yuli Widarko secara rutin panen hasil jerih payahnya yaitu memerah susu kambing etawa, yang ada di kandangnya di daerah Gunung Pati, Kota Semarang. Kambing etawa miliknya yang berjumlah 25 ekor ini dalam sehari bisa menghasilan susu antara 40 hingga 50 liter. Atau kalau diuangkan bisa mencapai 1 juta rupiah, penghasilan kotor perharinya. 

Selain 25 kambing etawa yang sudah bisa menghasilkan susu, Yuli sudah merintis regenerasi yaitu dengan menyiapkan 75 kambing etawa anakan. Hal ini dilakukan agar proses produksi tetap bisa terjaga bahkan bisa untuk ditingkatkan. 

Susu kambing etawa ini tak hanya bisa dikonsumsi menjadi minuman saja, namun kini sudah banyak produk yang dihasilkan dari susu etawa, diantaranya yogurt dan sabun mandi. Untuk pemasaran, Yuli tak hanya menjual secara langsung, namun juga melayani reseller dan menjual ke pabrikan.

 

#KambingEtawa #SusuKambingEtawa #Ternak


 


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.