Kompas TV regional berita daerah

Berpatokan pada Kitab Nazahatul Majalis, Sejumlah Warga Jember Mengawali Puasa Ramadan 12 April

Kompas.tv - 13 April 2021, 13:01 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Ribuan umat muslim di Jember dan Bondowoso Jawa Timur memulai puasa Ramadan pada hari Senin (12/04/2021). Awal puasa bulan Ramadan ditandai dengan pelaksanaan shalat tarawih berjamaah pada minggu malam (11/04/2021). Penetapan 1 Ramadan mengacu pada hitungan dalam kitab Nazahatul Majalis.

Shalat tarawih lebih awal itu salah satunya dilakukan oleh ratusan santri dan warga di sekitar Pondok Pesantren Mahfilud Duror Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember. Pelaksanaan sholat tarawih dipimpin oleh imam yang juga pengasuh pondok pesantren.

Baca Juga: Jelang Puasa, Warga Gelar Tradisi Nyadran

Dengan dimulainya shalat tarawih berjamaah pada minggu malam (11/04/2021), maka mereka sudah mulai berpuasa di hari pertama bulan Ramadan pada hari senin (12/04/2021) atau satu hari lebih awal dari mayoritas umat muslim lainnya, yang mulai berpuasa pada Selasa (13/04/2021).

Pengasuh pesantren Maghfilud Duror, KH. Ali Wafa mengatakan bahwa penetapan satu Ramadhan lebih awal ini didasarkan pada hitungan sebuah kitab salaf, yakni Nazahatul Majalis yang ditulis oleh Syekh Abdurrahman As Syufuri As Syafi'i pada tahun 1346 silam.

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 13 April 2021

Penentuan 1 Ramadan mengambil pada hitungan lima hari dari awal bulan Ramadhan tahun sebelumnya yang berarti pada 1 Ramadhan tahun ini dimulai pada hari Senin.

Selain di Desa Suger Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember, pelaksanaan salat tarawih pada Minggu malam juga dilakukan sebagian umat muslim di wilayah Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso.

 

#PuasaRamadan #PuasaLebihAwal #PondokPesantren #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.