Kompas TV nasional sosial

Dukcapil: KTP-el yang Telah Lewat Masa Berlakunya atau Telah Kadaluwarsa Masih Tetap Berlaku

Rabu, 14 April 2021 | 11:42 WIB
dukcapil-ktp-el-yang-telah-lewat-masa-berlakunya-atau-telah-kadaluwarsa-masih-tetap-berlaku
Foto E-KTP bisa diganti jika memenuhi syarat (Sumber: istimewa)

SOLO, KOMPAS.TV - Pemerintah mulai memberlakukan penggunaan KTP elektronik (KTP-el) sejak 2009 untuk mengganti bentuk KTP lawas.

Dengan menggunakan KTP-el, registrasi hingga verifikasi data pribadi lebih budah karena kartu mencakup Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, tanggal lahir, dan alamat.

Baca Juga: Terkait Video Viral KTP Non-Islam Tidak Bisa Daftar Vaksin, Ini Pernyataan Lengkap Muhammadiyah

Sejak tahun 2014, masa berlaku yang dimiliki KTP-el adalah seumur hidup. Lalu bagaimana dengan KTP-el yang masih tercantum keterangan masa berlaku?

Melansir Kompas.com, Senin (12/04/2021) Zudan Arif Fakhrullah, Dirjen Dukcapil Kementerian dalam Negeri menjelaskan, KTP-el yang telah lewat masa berlakunya atau telah kadaluwarsa masih tetap berlaku dan bisa digunakan.

Baca Juga: Ustaz Gondrong Pengganda Uang: dari Viral, KTP Palsu, hingga Tersangka Persetubuhan Anak

Hal tersebut karena telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 yang menyatakan KTP berlaku seumur hidup.

Penulis : Danang Suryo | Editor : Eddward S Kennedy





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:05
HARI JADI KOTA DEPOK, PEMKOT GRATISKAN BIAYA PERSALINAN NORMAL DI PUSKESMAS PONED   KETUA SATGAS DONI MONARDO INGATKAN PANDEMI BELUM BERAKHIR, JANGAN MUDIK DULU   KETUA SATGAS DONI MONARDO: PENULARAN COVID-19 MASIH TERJADI HINGGA SAAT INI   KETUA SATGAS DONI MONARDO AJAK MASYARAKAT MUDIK SECARA VIRTUAL   LAYANI DOKUMEN KEPENDUDUKAN TRANSGENDER, KEMENDAGRI TAK INGIN DISKRIMINASI   DIRJEN KEPENDUDUKAN & PENCATATAN SIPIL SEBUT PIHAKNYA WAJIB LAYANI TRANSGENDER DAPATKAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN   WAKIL KETUA DPR RACHMAT GOBEL: TENGGELAMNYA KRI NANGGALA-402 JADI MOMENTUM EVALUASI SELURUH ALUTSISTA TNI AL   BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL: REALISASI INVESTASI TRIWULAN I 2021 CAPAI RP 219,7 TRILIUN    KADIN MENYATAKAN PELAKSANAAN VAKSINASI GOTONG ROYONG BERGANTUNG PADA KETERSEDIAAN VAKSIN COVID-19    JUBIR KEMENHUB ADITA IRAWATI IMBAU MASYARAKAT TAK MUDAH TERGIUR DENGAN TAWARAN TRAVEL GELAP UNTUK MUDIK    KADIN: 500 FASYANKES SWASTA SUDAH MENDAFTAR UNTUK BERPARTISIPASI DALAM VAKSINASI GOTONG ROYONG   POLDA METRO JAYA: MAFIA DI BANDARA SOEKARNO-HATTA PASANG TARIF RP 6,5 JUTA UNTUK MASUK RI TANPA KARANTINA    MENLU: INDONESIA MERUPAKAN NEGARA KE-3 DENGAN JUMLAH PEMBERIAN VAKSINASI TERBESAR DI ASIA    MENLU RETNO MARSUDI: PEMERINTAH TERUS BERUPAYA MELAKUKAN DIPLOMASI UNTUK KEBUTUHAN VAKSIN COVID-19 DALAM NEGERI