Kompas TV nasional agama

Selama Ramadan Sentra Vaksinasi BUMN akan Buka dengan Jam Operasional Baru

Kompas.tv - 13 April 2021, 21:42 WIB
selama-ramadan-sentra-vaksinasi-bumn-akan-buka-dengan-jam-operasional-baru
Shopee bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Pemerintah Kota Bandung menghadirkan Pusat Vaksinasi Shopee di Kota Bandung. (Sumber: Dok. Shopee)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sentra vaksinasi BUMN yang berlokasi di Istora Senayan, Jakarta Pusat, akan ditutup dan tidak beroperasi pada hari pertama puasa, Selasa (13/4/2021). 

Layanan vaksinasi diliburkan guna menyambut hari pertama ibadah puasa bulan Ramadan. 

"Hari pertama (puasa) yang libur," kata Ketua Satgas Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Arya Sinulingga kepada Kompas.com, Selasa (13/4/2021). 

Layanan vaksinasi akan dibuka kembali Rabu, 14 April 2021. Warga lansia yang sebelumnya telah mendapatkan jadwal vaksin dosis kedua pada Selasa (13/4/2021), penyuntikannya akan dijadwalkan ulang pada 14-16 April 2021.

Selama bulan Ramadhan 1442 H, layanan vaksinasi juga tetap dilakukan pada siang hari, menyusul fatwa Majelis Ulama Indonesia yang menyatakan bahwa vaksinasi tak membatalkan puasa. 

Baca Juga: MUI Kembali Ingatkan, Vaksin Tidak Membatalkan Puasa Ramadan

Sebelumnya, MUI telah menerbitkan fatwa yang menyebutkan vaksinasi tidaklah membatalkan puasa Ramadan.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan bahwa pemerintah dan masyarakat dipersilahkan untuk melanjutkan vaksinasi demi upaya terus memutus mata rantai covid-19 di bulan Ramadan.

“Secara fatwa MUI, orang yang berpuasa, itu disuntik, atau divaksin, selama itu untuk menghindarkan sebuah bahaya yang lebih besar, selama kondisinya (kesehatan) memungkinkan. Tidak berdampak membahayakan si pasien karena kondisi kesehatan maka itu dihalalkan atau dibolehkan,” kata KH Abdullah Jaidi, saat sidang isbat Ramadan 1442 H, Senin, (12/4/2021).

Jam operasional layanan vaksinasi akan berubah menyesuaikan bulan Ramadan. 

Sebelumnya, layanan vaksinasi beroperasi pada pukul 08.00-16.00 WIB. Selama Ramadhan akan berubah menjadi pukul 07.00-14.00 WIB.

Sampai Minggu (11/4/2021), total jumlah warga yang sudah divaksin di Sentra Vaksinasi Bersama Kementerian BUMN telah mencapai 416.000 orang.

Selain di Senayan, Jakarta, sentra vaksinasi juga telah dibuka di sejumlah kota, yakni Semarang, Surabaya, Banyumas, dan Bandung. 

Vaksinasi yang digelar BUMN ini difokuskan untuk warga lansia di atas 59 tahun.

Baca Juga: Komunitas Tionghoa Turut Serta dalam Mempercepat Vaksinasi Lansia dan Guru di Bandung



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x