Kompas TV internasional kompas dunia

Di Tengah Pandemi, Kaum Muslim Bulgaria Gelar Festival Sunatan Massal

Selasa, 13 April 2021 | 05:05 WIB
di-tengah-pandemi-kaum-muslim-bulgaria-gelar-festival-sunatan-massal
Kaum ayah menggendong putra mereka di atas punggung kuda saat mengikuti prosesi pawai yang mengawali ritual sunatan massal yang digelar di desa Ribnovo, Bulgaria, pada Minggu (11/4/2021). (Sumber: AP Photo/Jordan Simeonov)

RIBNOVO, KOMPAS.TV – Di malam bulan suci Ramadan, kaum muslim dari penjuru barat-daya Bulgaria berbondong-bondong memadati desa lereng gunung Ribnovo untuk ikut berpartisipasi dalam festival perayaan, musik dan sunat alias khitan massal.

Tahun ini, seperti dilansir dari The Associated Press, Senin (12/4/2021), festival yang digelar selama 4 hari di Ribnovo, desa pegunungan sekitar 130 kilometer di selatan ibukota Sofia itu dibayangi pandemi Covid-19. Namun, lantaran sebagian besar acara digelar di luar ruangan, warga setempat memutuskan untuk tetap menggelar tradisi tersebut, termasuk upacara sunat yang merupakan kewajiban bagi laki-laki muslim.

Baca Juga: Seru! Tradisi Sunatan Masal Anak-anak di Pulau Bungin

Ritual massal ini digelar saban 4 hingga 5 tahun sekali, bergantung pada permintaan warga. Pun, lantaran sebagian besar warga di kawasan itu merupakan kaum papa dan jarang bisa menyisihkan uang untuk menggelar perayaan ritual khitan pribadi.

Kurangnya lapangan pekerjaan di kawasan ini memaksa banyak warga pergi ke luar negeri untuk mencari peruntungan yang lebih baik. Namun, pandemi memaksa sebagian warga kembali pulang.

Baca Juga: Sunatan Massal Di Tengah Pandemi Warga Antusias

Ismail Atipov (31) yang 10 tahun belakangan tinggal dan bekerja di Pamplona, Spanyol, memutuskan pulang kampung demi merayakan festival ini bersama putranya yang baru lahir.

Ismail Atipov (tengah) menggendong putranya yang masih bayi di atas punggung kuda saat mengikuti upacara sunatan massal di desa Ribnovo, Bulgaria pada Minggu (11/4/2021). (Sumber: AP Photo/Jordan Simeonov)

Penulis : Vyara Lestari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:25
MENGABDI 20 TAHUN, KIPER LEGENDARIS GIANLUIGI BUFFON AKHIRNYA TINGGALKAN JUVENTUS   PEP GUARDIOLA SEBUT GELAR LIGA PRIMER INGGRIS YANG DIRAIH MANCHESTER CITY MUSIM INI ADALAH YANG PALING SULIT   MANCHESTER UNITED TUMBANG, MANCHESTER CITY JUARAI LIGA INGGRIS MUSIM 2020-2021   MAIN DI OLD TRAFFORD, MANCHESTER UNITED DITUMBANGKAN LEICESTER CITY 2-1   POLISI TANGKAP DUA TERSANGKA PENYELUNDUP 310 KG SABU DIDUGA BERASAL DARI IRAN DI GUNUNG SINDUR, BOGOR   JELANG LEBARAN, KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO LANTIK 6 PERWIRA TINGGI POLISI   NOVEL BASWEDAN SEBUT FIRLI BAHURI SEWENANG-WENANG NONAKTIFKAN 74 PEGAWAI KPK YANG TAK LULUS TES WAWASAN KEBANGSAAN   KPK PERSILAKAN PENGAMAT MILITER CONNIE RAHAKUNDINI BUAT LAPORAN SOAL MAFIA ALUTSISTA   PEMKOT BALIKPAPAN MAJUKAN SEHARI PENUTUPAN FASILITAS UMUM SELAMA IDUL FITRI MENJADI 12-16 MEI   KEMENAG SAMARINDA IZINKAN WARGA YANG BERADA DI DALAM ZONA KUNING DAN HIJAU UNTUK SHALAT IDUL FITRI DI MASJID   PEMKOT DEPOK IZINKAN SHALAT IDUL FITRI DI MASJID DENGAN KAPASITAS MAKSIMUM 30 PERSEN DI DALAM RUANGAN   CEGAH PENYEBARAN COVID-19, SATGAS: JANGAN SILATURAHMI SECARA FISIK SAAT LEBARAN   KAKORLANTAS MINTA MASYARAKAT URUNGKAN NIAT MUDIK JIKA TIDAK INGIN DIPUTARBALIKKAN   BMKG PREDIKSI CUACA DI DKI JAKARTA AKAN HUJAN RINGAN HARI INI