Kompas TV internasional kompas dunia

2 Anggota Skuad Seni Polisi Italia Tak Sengaja Temukan Patung Romawi Abad Ke-1 di Toko Barang Antik

Selasa, 13 April 2021 | 01:08 WIB
2-anggota-skuad-seni-polisi-italia-tak-sengaja-temukan-patung-romawi-abad-ke-1-di-toko-barang-antik
Sejumlah anggota unit arkeologi skuad seni polisi paramiliter Italia, Carabinieri, tengah berpose dengan patung "Togatus" yang merupakan patung Romawi dari abad ke-1. Foto diambil pada 3 Februari 2021. (Sumber: Carabinieri via AP)

ROMA, KOMPAS.TV – Kepolisian Italia berhasil menemukan patung Romawi abad ke-1 yang dicuri dari sebuah situs arkeologi pada tahun 2011 silam. Patung antik itu tak sengaja ditemukan di sebuah toko barang antik di Belgia saat dua orang anggota skuad seni polisi Italia tengah berjalan-jalan.

Seorang pengusaha Italia yang menggunakan nama samaran berbahasa Spanyol telah diajukan ke jaksa penuntut umum untuk penyelidikan lebih lanjut. Skuad seni polisi nasional Italia Carabinieri menyatakan pada Senin (12/4/2021), sang pengusaha diduga telah menadah barang seni curian dan mengekspornya ke luar negeri.

Baca Juga: Kereta Kuda Indah Peninggalan Pompeii Jaman Romawi Ditemukan

Togatus, patung Romawi tanpa kepala mengenakan toga yang berasal dari abad ke-1. Foto ini dirilis oleh polisi paramiliter Italia, Carabinieri, pada Senin (12/4/2021). (Sumber: Carabinieri via AP)

Patung “Togatus” yang merupakan patung seorang Romawi tanpa kepala mengenakan toga, bernilai 100.000 Euro atau setara dengan Rp 1,7 miliar. Melansir The Associated Press, patung “Togatus” dicuri pada November 2011 dari situs arkeologi Villa Marini Dettina di pinggiran ibukota Italia.  

Baca Juga: Koin Romawi Kuno Ditemukan di Turki Peninggalan Zaman Kaisar Augustus

Dua anggota unit arkeologi skuad seni Carabinieri yang ditugaskan di Brussel, Belgia, tengah berjalan-jalan seusai bekerja di kawasan Sablon yang terkenal dengan deretan toko barang antiknya. Keduanya kemudian melihat sebuah patung marmer di sebuah toko barang antik yang mereka curigai berasal dari Italia. Kecurigaan mereka kemudian terbukti seusai mencocokkan patung tersebut dengan data barang antik curian yang mereka miliki.

Selama puluhan tahun, Italia telah bekerja untuk mengungkap dan menemukan sejumlah barang antik jarahan yang telah menjadi koleksi pribadi maupun koleksi museum terkenal dan toko barang antik komersial di seluruh dunia.

Penulis : Vyara Lestari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:56
KALAHKAN UKRAINA DI SEMIFINAL PIALA DUNIA PANAHAN, TIM PANAHAN INDONESIA REBUT SATU TIKET KE OLIMPIADE TOKYO 2020   SEBANYAK 400 JADWAL PENERBANGAN DI BANDARA BAO’AN, SHENZHEN, TIONGKOK, DIBATALKAN AKIBAT KASUS COVID-19 BARU   LONGSOR TERJADI DI KECAMATAN SENDANG, TULUNGAGUNG, 171 HEKTAR LAHAN PERTANIAN DAN 2 JARINGAN IRIGASI RUSAK   BMKG PREDIKSI WILAYAH DKI JAKARTA DIGUYUR HUJAN LEBAT DISERTAI KILAT DI SIANG HARI   DISHUB DKI HENTIKAN SEMENTARA UJI COBA LINTASAN “ROAD BIKE” DI JALAN LAYANG NON-TOL KAMPUNG MELAYU-TANAH ABANG   SATPOL PP DKI TUTUP DUA RESTORAN DAN TIGA KEDAI KOPI DI JAKARTA PUSAT KARENA LANGGAR PPKM MIKRO   POLDA LAMPUNG TANGKAP 140 ORANG TERKAIT DUGAAN TINDAK PREMANISME DAN PUNGUTAN LIAR   POLDA SUMSEL DAN BEA CUKAI PALEMBANG GAGALKAN PENYELUNDUPAN EKSPOR BENUR ILEGAL KE MALAYSIA   POLDA SUMATERA UTARA BENTUK TIM GABUNGAN GUNA USUT TUNTAS KASUS MENINGGALNYA JURNALIS MARA SALEM   KAPOLDA SUMUT IRJEN PANCA PUTRA SIMANJUNTAK SAMPAIKAN DUKA CITA ATAS MENINGGALNYA JURNALIS MARA SALEM   KETUA DPRD TOLIKARA SONNY WANIMBO BANTAH TERLIBAT PENDANAAN JUAL BELI SENJATA KELOMPOK TERORIS DI PAPUA   KETUA DPD LA NYALLA MATTALITTI MINTA POLRI USUT TUNTAS KASUS PENEMBAKAN JURNALIS MARA SALEM   PT KAI COMMUTER SEBUT MULAI BESOK SENIN, 21 JUNI 2021, PENUMPANG KRL JABODETABEK AKAN DITES COVID-19 SECARA ACAK   KOMISI II DPR MINTA SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO X KOORDINASI KE PEMERINTAH PUSAT SOAL “LOCKDOWN” YOGYAKARTA