Kompas TV klik360 cerita indonesia

Mantan Kapolres Jakarta Pusat Bersaksi di Sidang Kasus Kerumunan Rizieq Shihab

Selasa, 13 April 2021 | 09:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jakarta Pusat, Kombes Pol Heru Novianto, menjadi salah satu saksi dalam sidang kasus kerumunan dengan terdakwa Muhammad Rizieq Shihab.

Dalam kesaksiannya, Kombes Heru Novianto menegaskan bahwa dirinya tidak pernah memberikan izin keramaian terkait acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Rizieq Shihab yang diselenggarakan pada pertengahan bulan November tahun 2020.

Kepada Majelis Hakim, mantan Kapolres Jakarta Pusat itu juga mengungkapkan mengapa dirinya mengambil keputusan untuk tidak membubarkan kerumunan pada malam acara, karena takut akan timbulnya kerusuhan. 

"Tetapi pada saat malam begitu banyak orang, saya sebagai Kapolres tidak membubarkan langsung pada malam itu karena saya mempunyai pertimbangan. Apabila saya bubarkan pada saat malam itu terjadi kerusuhan dan sangat rawan sekali karena situasi sudah malam," ungkap Heru.

Heru menambahkan, di awal acara polisi sudah mengimbau warga untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Namun massa yang membludak membuat imbauan sulit untuk dilakukan.

"Saat itu kami sudah mencoba menggalang untuk tidak dilaksanakan dan kalau bisa dikurangi jumlahnya tidak sebanyak yang diundangkan melalui medsos," ucap Heru.

 

Video Editor: Agung Ramdani

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:04
MOTOGP STYRIA AKAN DIGELAR PADA 8 AGUSTUS 2021 TEPAT SEPEKAN SEBELUM MOTOGP AUSTRIA PADA 15 AGUSTUS 2021   MOTOGP 2021 BATAL BERLANGSUNG DI FINLANDIA KARENA PANDEMI DAN DIGANTIKAN OLEH MOTOGP STYRIA   SINGAPURA TERAPKAN "LOCKDOWN" PADA 16 MEI HINGGA PERTENGAHAN JUNI 2021   AS MULAI VAKSINASI ANAK USIA 12-15 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN VAKSIN COVID-19 BUATAN PFIZER   SEBANYAK 21 KRU KAPAL NAVIGASI ADHARA YANG SANDAR DI PELABUHAN BINTAN POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KAPOLRES KEBUMEN AKBP PITER YANOTTAMA SEBUT KORBAN LEDAKAN PETASAN DI DESA NGABEAN MEMBUAT MERCON SAMBIL MEROKOK   POLRES KEBUMEN TEMUKAN UNSUR DUGAAN TINDAK PIDANA DALAM KASUS LEDAKAN PETASAN DI DESA NGABEAN   BPBD TANAH BUMBU, KALSEL: LEBIH DARI 2.500 RUMAH TANGGA DI TANAH BUMBU DAN HULU SUNGAI TENGAH TERDAMPAK BANJIR   OBYEK WISATA PANTAI DI PADANG DITUTUP SEMENTARA HINGGA 16 MEI 2021 GUNA CEGAH PENULARAN COVID-19   CANDI MUARO JAMBI DITUTUP SEMENTARA SAMPAI BATAS WAKTU YANG BELUM DITENTUKAN   BUPATI NIAS BARAT KHENOKI WARUWU PASTIKAN TIDAK ADA KERUSAKAN AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,7   SAAT INI, PROGRES PEMBANGUNAN TOL SERANG-PANIMBANG SEKSI 1 SUDAH MENCAPAI 95,24%   KEMENTERIAN PUPR TARGETKAN UJI LAIK FUNGSI TOL SERANG-PANIMBANG SEKSI 1 PADA JUNI 2021   KASATGAS PENYELIDIK KPK HARUN AL RASYID SEBUT UKURAN PENILAIAN TWK TIDAK MASUK AKAL