Kompas TV internasional kompas dunia

Perburuan Liar Turun Drastis, Populasi Gajah di Kenya Naik 2,8 Persen per Tahun dalam 3 Dekade

Kompas.tv - 13 April 2021, 00:05 WIB
perburuan-liar-turun-drastis-populasi-gajah-di-kenya-naik-2-8-persen-per-tahun-dalam-3-dekade
Seekor gajah terlihat di Taman Nasional Amboseli, Kenya, pada 2 Mei 2019. (Sumber: Xinhua/Li Yan)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

NAIROBI, KOMPAS.TV - Populasi gajah di Kenya secara bertahap naik sekitar 2,8 persen per tahun dalam 30 tahun terakhir di tengah menurunnya angka perburuan liar, demikian disampaikan sebuah institut penelitian margasatwa pada Minggu (11/04/2021) seperti dikutip Xinhua, Senin (12/04/2021).

Institut Penelitian dan Pelatihan Margasatwa (Wildlife Research and Training Institute/WRTI) yang dikelola pemerintah Kenya mengatakan negara itu mencatat penurunan angka perburuan sebesar 96 persen.

Sebagai pembanding, Kenya kehilangan 386 gajah akibat perburuan pada 2013 dan kehilangan 11 ekor tahun lalu.

"Keberhasilan ini dapat dikaitkan dengan meningkatnya inisiatif pemerintah untuk memerangi perburuan dan perdagangan bagian tubuh hewan, serta kerja sama berkelanjutan dengan para mitra nasional maupun internasional untuk menghentikan perdagangan gading," kata WRTI dalam pernyataannya.

Baca Juga: Habitat Rusak, Populasi Gajah Hutan dan Gajah Sabana Afrika Kian Terancam!

Layanan Margasatwa Kenya (Kenya Wildlife Service/KWS) melepaskan gajah-gajah yang tersesat di Cagar Alam Maasai Mara di Narok, Kenya, pada 19 Mei 2020. (Sumber: Xinhua/Charles Onyango)

Institut tersebut menambahkan meski Kenya tahu perburuan merupakan penyebab utama penyusutan populasi gajah di masa lalu, peningkatan populasi manusia yang disusul perubahan dalam sistem kepemilikan dan penggunaan lahan menyebabkan penyempitan ruang jelajah gajah serta hilangnya koridor dan area persebaran hewan itu.

Hal ini memicu meningkatnya interaksi antara gajah dan manusia, yang sering kali berujung konflik.

"Saat ini, konflik manusia-gajah dan hilangnya koridor serta wilayah persebaran gajah merupakan tantangan utama dalam upaya konservasi dan pengelolaan gajah di Kenya," sebut WRTI. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x