Kompas TV video cerita indonesia

Engkos Kosasih, Kolektor Koran Lawas Saksi Sejarah

Kompas.tv - 13 April 2021, 03:00 WIB
Penulis : Herwanto

CIREBON, KOMPAS.TV - Berawal dari hobi membaca surat kabar media cetak, Engkos Kosasih kini mengoleksi tabloid dan koran yang terbit dari tahun 1980 hingga 1990-an.

Warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berusia 58 tahun ini sangat suka membaca.

Karena telah berusia puluhan tahun, koleksi bacaan ini rutin dirawat. Engkos kerap menjemur koleksi media cetak itu sehingga tidak rusak karena lembab.

Proses penjemuran bergantung pada cuaca. Bila matahari sedang terik, maka media cetak tersebut dijemur sebentar saja. Namun, jika mendung, Engkos sama sekali tidak berani menjemur. Warga memanfaatkan waktu penjemuran untuk ikut membaca.

Engkos dengan senang hati mempersilakan, karena ia ingin orang-orang mengetahui beragam peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Engkos suka membaca sejak tahun 1982 ketika dirinya masih duduk di bangku SMA, di Karawang, Jawa Barat. Ketika merantau ke Jakarta untuk bekerja, Engkos bergabung dengan organisasi buruh dan mulai banyak membaca.

Menjelang reformasi 1998, Engkos fokus mengoleksi tabloid yang memuat isu sosial, budaya, dan politik. Menurut Engkos, pemberitaan saat masa reformasi itu penting didokumentasikan sebagai refleksi bagi generasi saat ini. Engkos bertekad untuk terus merawat koleksi media cetaknya. Ia yakin, kelak koleksinya akan menjadi harta karun pengetahuan di masa depan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x