Kompas TV klik360 cerita indonesia

Engkos Kosasih, Kolektor Koran Lawas Saksi Sejarah

Selasa, 13 April 2021 | 03:00 WIB

CIREBON, KOMPAS.TV - Berawal dari hobi membaca surat kabar media cetak, Engkos Kosasih kini mengoleksi tabloid dan koran yang terbit dari tahun 1980 hingga 1990-an.

Warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berusia 58 tahun ini sangat suka membaca.

Karena telah berusia puluhan tahun, koleksi bacaan ini rutin dirawat. Engkos kerap menjemur koleksi media cetak itu sehingga tidak rusak karena lembab.

Proses penjemuran bergantung pada cuaca. Bila matahari sedang terik, maka media cetak tersebut dijemur sebentar saja. Namun, jika mendung, Engkos sama sekali tidak berani menjemur. Warga memanfaatkan waktu penjemuran untuk ikut membaca.

Engkos dengan senang hati mempersilakan, karena ia ingin orang-orang mengetahui beragam peristiwa yang terjadi di masa lalu.

Engkos suka membaca sejak tahun 1982 ketika dirinya masih duduk di bangku SMA, di Karawang, Jawa Barat. Ketika merantau ke Jakarta untuk bekerja, Engkos bergabung dengan organisasi buruh dan mulai banyak membaca.

Menjelang reformasi 1998, Engkos fokus mengoleksi tabloid yang memuat isu sosial, budaya, dan politik. Menurut Engkos, pemberitaan saat masa reformasi itu penting didokumentasikan sebagai refleksi bagi generasi saat ini. Engkos bertekad untuk terus merawat koleksi media cetaknya. Ia yakin, kelak koleksinya akan menjadi harta karun pengetahuan di masa depan.

Penulis : Herwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:53
DINAS KESEHATAN NTT: TERJADI PENAMBAHAN 141 KASUS POSITIF, TOTAL JUMLAH KASUS COVID-19 DI NTT MENCAPAI 16.332 ORANG   POLRI MEMUTARBALIKKAN 23.573 KENDARAAN DI 381 TITIK PADA HARI PERTAMA OPERASI PELARANGAN MUDIK   TNI AD BANTAH KERAHKAN KENDARAAN LAPIS BAJA UNTUK LAKUKAN PENYEKATAN MUDIK   PT POS INDONESIA TETAP BUKA SELAMA LIBUR LEBARAN   PT PLN BERKOMITMEN HANYA BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK EBT SETELAH PROGRAM PEMBANGUNAN PEMBANGKIT 35.000 MW SELESAI   PEMKOT TANGERANG SELATAN PASTIKAN TIDAK AKAN MELAKUKAN PENYEKATAN APA PUN PADA MASA LARANGAN MUDIK LEBARAN   KASATPOL PP DKI: SETIAP ORANG YANG BERANGKAT KERJA DARI BODETABEK KE JAKARTA HARUS PUNYA SURAT TUGAS   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO MENGAPRESIASI DEDIKASI TNI DAN PIHAK YANG TERLIBAT PENANGANAN COVID-19   KEMENDIKBUD-RISTEK HORMATI PUTUSAN MA TERKAIT PEMBATALAN SKB 3 MENTERI   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN: PEMERINTAH, BUMN, BUMD WAJIB PAKAI PRODUK LOKAL   WAPRES MA’RUF AMIN BERHARAP KEMENTERIAN/LEMBAGA BERKOORDINASI DENGAN BADAN WAKAF INDONESIA UNTUK REVISI UU WAKAF   KEMENKOMINFO SEBUT ADA 13 WILAYAH UTAMA YANG AKAN KEBAGIAN JARINGAN 5G UNTUK PERTAMA KALI   PRESIDEN JOKOWI MINTA INDONESIA HATI-HATI HADAPI ERA 5G   PEMERINTAH PERBOLEHKAN SEKTOR ESENSIAL TETAP BEROPERASI DI WILAYAH AGLOMERASI SAAT LARANGAN MUDIK LEBARAN