Kompas TV nasional sosial

Ada 9 Juta Tenaga Konstruksi Indonesia yang Belum Tersertifikasi

Senin, 12 April 2021 | 23:52 WIB
ada-9-juta-tenaga-konstruksi-indonesia-yang-belum-tersertifikasi
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar pelatihan dan uji sertifikasi peningkatan kapasitas bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Bidang Jasa konstruksi (Sumber: HUMAS KEMENKUMHAM SULSEL)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rendahnya jumlah tenaga konstruksi tersertifikasi di Indonesia menjadi perhatian Plt Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Trisasongko Widianto.

Saat ini hanya ada 628.000 tenaga konstruksi yang telah memiliki sertifikat, sedangkan yang belum tersertifikasi sebanyak 9 juta.

Kementerian PUPR pun mencanangkan target sertifikasi tenaga konstruksi di Indonesia sebesar 625.000 selama lima tahun, dengan rincian 125.000 tenaga konstruksi akan disertifikasi setiap tahunnya.

Baca Juga: Terlibat Sengketa Pajak, Nilai Aset dan Utang Meningkat, Pendapatan PGN Turun Rp3,8 T di 2020

"Hal ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)," ujar Trisasongko dalam pencanagan proyek sarana dan prasarana pelatihan kontruksi layang di Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Senin (12/4/2021).

Rendahnya jumlah tenaga konstruksi bersertifikat, disebabkan masalah pendanaan yang merupakan kendala terbesar. Tahun 2021 saja, target sertifikasi tenaga konstruksi hanya sebanyak 60.000 orang.

Sebelumnya, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dikabarkan tengah mencanangkan proyek pembangunan sarana dan pra-sarana pelatihan konstruksi layang di Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Erick Thohir Resmikan Pertashop di Pondok Pesantren Nurul Quran Karangpetir

Proyek yang ditargetkan rampung konstruksinya pada kuartal I-2022, akan dimanfaatkan sebagai lokasi pelatihan tenaga konstruksi sekaligus sertifikasi pembangunan layang di Indonesia.

Dari pelatihan ini, harapan Trisasongko, dapat memenuhi kebutuhan tenaga konstruksi baik ahli dan terampil di lapangan.

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


SINAU

Hewan-hewan dengan Bau yang Menyengat

Senin, 27 September 2021 | 20:54 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
21:06
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19