Kompas TV nasional sosial

Bersama Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Jokowi Buka Hannover Messe 2021 Digital Edition

Kompas.tv - 12 April 2021, 22:09 WIB
bersama-kanselir-jerman-angela-merkel-presiden-jokowi-buka-hannover-messe-2021-digital-edition
Presiden Jokowi Memberi Pernyataan Terkait Impor Beras, Istana Merdeka, 26 Maret 2021 (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Kanselir Jerman Angela Merkel meresmikan pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition, secara virtual, Senin (12/04/2021).

Peresmian ini menandakan dimulainya pameran terbesar dunia untuk teknologi industri, yang telah berjalan selama lebih dari 72 tahun.

“Sebuah kehormatan bagi Indonesia menjadi negara mitra pada Hannover Messe 2021 untuk kedua kalinya setelah 26 tahun yang lalu,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya pada pembukaan Hannover Messe 2021 Digital Edition bertema transformasi teknologi.

Presiden Jokowi mengatakan, tema Hannover Messe 2021 Digital Edition sangat relevan dengan situasi pandemi Covid-19 yang tengah dihadapi banyak negara.

Baca Juga: Survei KedaiKOPI: Elektabilitas Prabowo Tertinggi, Jokowi Masih Banyak Diminati, Anies Berapa?

“Di masa pandemi transformasi teknologi khususnya teknologi digital semakin penting,” katanya,

“Transformasi teknologi yang menciptakan momentum, bukan saja membawa dunia keluar dari pandemi, namun sekaligus melakukan lompatan besar ke depan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi membeberkan, Indonesia memiliki sekitar 2.193 start up dan kelima terbesar di dunia.

“Indonesia memiliki 5 unicorn dan Indonesia bahkan telah memiliki 1 decacorn,” ujarnya.

Baca Juga: Mahfud MD Ungkap Alasan Presiden Jokowi Bentuk Satgas Penanganan Hak Tangih Negara Dana BLBI

“Ke depan, Industri ini akan berkontribusi pada PDB Indonesia sekitar USD133 miliar di 2025. Didukung 185 juta penduduk yang memiliki akses internet, terbesar keempat di dunia. Kemajuan industri 4.0 akan menjadikan Indonesia top 10 economy global di tahun 2030,” lanjutnya.

Presiden Jokowi lebih lanjut mengajak Jerman untuk bermitra mewujudkan tranformasi digital di Indonesia. Indonesia, sambung Jokowi, telah menyiapkan roadmap implementasi making Indonesia 4.0.

“Kemitraan Indonesia dan Jerman untuk pembangunan hijau ke depan adalah salah satu prioritas. Saya mengapresiasi green infrastructure inisiative Jerman dengan nilai 2,5 miliar Euro. Program ini diharapkan dapat mendukung pembangunan infrastruktur hijau di Indonesia,” ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x