Kompas TV cerita ramadan tradisi

Mohammad Roem, Awal Puasa dan Tabuhan Bedug

Selasa, 13 April 2021 | 03:30 WIB
mohammad-roem-awal-puasa-dan-tabuhan-bedug
Sekelompok orang sedang menabuh  bedug (Sumber: kompasiana.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Meski masih banyak digunakan di sebagian masjid dan musala, namun tabuhan bedug tanda awal puasa sudah jarang dilakukan saat ini. Sidang isbat dari Kementerian Agama yang biasanya diumumkan usai maghrib adalah yang paling ditunggu.

Menteri Luar Negeri di zaman Orde Lama, Mohammad Roem (16 Mei 1908 – 24 September 1983), memiliki kisah bagaimana tabuhan bedug adalah saat yang ditunggu untuk menentukan awal puasa. Kisah yang dia tuturkan dalam buku Bunga Rampai dari Sejarah terbitan Bulan Bintang, Jakarta itu, menuturkan pengalamannya di Jakarta.

"Dalam bulan puasa suara bedug itu peranannya penting dalam penghidupan orang kampung," kata Mohammad Roem, tokoh dalam perjanjian Roem-Royen itu.

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 13 April 2021

Mohammad Roem mengisahkan kejadian itu pada tahun 1930-1940 ketika masih berpindah-pindah dari satu rumah ke rumah lain di Jakarta. Namun, meski berpindah-pindah, Roem mengaku selalu akrab dengan tabuhan bedug dari masjid dan musala. 

"Kemudian tiap hari di waktu sore bunyi bedug itu pada titik yang tepat  membawa berita gembira bahwa kita sudah boleh makan dan minum lagi, serta rasa puas bahwa kita sudah beribadah puasa satu hari lagi," tambahnya.

Namun ketika tahun 1950-an, saat Mohammad Roem pindah ke Merdeka Barat, bunyi bedug sudah tidak terdengar lagi. Masalahnya, dia tidak lagi tinggal di kampung tapi di sebuah perumahan elite.

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:08
AC MILAN TUMBANGKAN TORINO 7-0 PADA LAGA PEKAN KE-36 LIGA ITALIA   PRESIDEN TURKI RECEP TAYYIP ERDOGAN MINTA SELURUH DUNIA PERLU MEMBERIKAN PELAJARAN KEPADA ISRAEL   PRESIDEN TURKI RECEP TAYYIP ERDOGAN DAN PRESIDEN RUSIA VLADIMIR PUTIN BAHAS KONFLIK ISRAEL-PALESTINA LEWAT TELEPON   INDIA UCAPKAN TERIMA KASIH KEPADA INDONESIA ATAS KIRIMAN BANTUAN BERUPA 200 OKSIGEN KONSENTRATOR   SATGAS SEBUT KASUS POSITIF COVID-19 DI SUMATERA NAIK, SEMENTARA DI JAWA MENURUN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN SEBUT MALAM TAKBIRAN DI JAKARTA BERJALAN AMAN TANPA KERUMUNAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN UCAPKAN TERIMA KASIH UNTUK WARGA JABODETABEK YANG MEMILIH TIDAK MUDIK   GUBERNUR ANIES BASWEDAN: “CROWD FREE NIGHT” BUKAN HANYA DI SUDIRMAN-THAMRIN, MELAINKAN DI SELURUH WILAYAH JAKARTA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN BERLAKUKAN “CROWD FREE NIGHT” ATAU MALAM BEBAS KERUMUNAN SAAT MALAM TAKBIRAN   KRL YOGYAKARTA-SOLO TETAP BEROPERASI SELAMA LIBUR LEBARAN MULAI PUKUL 05.00-19.10 WIB   MENTERI AGAMA YAQUT CHOLIL QOUMAS INGATKAN UMAT ISLAM UNTUK PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT IDUL FITRI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI PREDIKSI ARUS BALIK LEBARAN AKAN TERJADI PADA TANGGAL 16 DAN 17 MEI   KEMENKES: JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA SUDAH MENCAPAI 8.918.784 ORANG   HINGGA 12MEI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA CAPAI 1.728.204 ORANG, 1.584.878 SEMBUH, DAN 47.617 MENINGGAL DUNIA