Kompas TV nasional breaking news

Sidang Isbat, 1 Ramadhan 1442 Hijriah Jatuh pada Tanggal 13 April 2021

Senin, 12 April 2021 | 20:15 WIB

KOMPAS.TV - Dari hasil sidang isbat yang dilaksanakan pada hari ini (12/04/2021), Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, sudah mendapatkan 13 laporan dari orang di bawah sumpah menyaksikan bahwa hilal sudah dilihat.

Dengan itu maka diputuskan bahwa 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 13 April 2021 atau bertepatan dengan hari Selasa besok.

Masyarakat Indonesia dapat mulai untuk melaksanakan tarawih, besok pagi untuk sahur pertama sekaligus puasa di hari pertama.

Yaqut Cholil juga mengucapkan selamat menjalakan ibadah puasa kepada umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.

“Saya mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada saudara-saudara muslim yang menjalankan dan diperbolehkan secara syariat menjalankan ibadah puasa”, ujar Yaqut Cholil.

Menag juga mengajak umat muslim untuk mencipatakan Ramadhan dengan khusyu, tenang, tanpa dicedari dengan hal-hal yang justru menjuhkan dari hikmah Ramadhan itu sendiri.

Selama bulan Ramadhan dan ibadah-ibadah yang menyertainya, akan dilakukan pembatasan dengan mengikuti protokol kesehatan.

Yaqut Cholil menjelaskan, bagi wilayah zona merah dan orange tidak diperbolehkan melakukan shalat secara massal. Hal itu dilakukan demi mencegah penularan covid-19.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:20
KANADA SETUJUI VAKSIN COVID-19 BUATAN PFIZER UNTUK ANAK BERUSIA 12-15 TAHUN   PEMKAB PURBALINGGA, JATENG, MELARANG SHALAT IDUL FITRI DI ALUN-ALUN MAUPUN LAPANGAN KECAMATAN   DITRESKRIMSUS POLDA JATENG DALAMI AKTOR DI BALIK KASUS PENJUALAN ALAR TES CEPAT ANTIGEN ILEGAL   PEMKOT TANGERANG TUNGGU PUTUSAN PEMERINTAH PUSAT SOAL LARANGAN MUDIK DI WILAYAH AGLOMERASI JABODETABEK   POLISI TANGKAP PEMILIK 64 KILOGRAM GANJA DI TANAH ABANG, JAKARTA PUSAT   SIDANG KASUS KERUMUNAN RIZIEQ SHIHAB DI PN JAKARTA TIMUR DILANJUTKAN SENIN PEKAN DEPAN   PLT KABID PARIWISATA DISPAREKRAF DKI DEDI SUMARDI: PENGUSAHA WISATA INGIN TETAP BUKA SAAT LIBUR LEBARAN 2021   PEMERINTAH PASTIKAN TELAH SIAPKAN SANKSI BAGI MASYARAKAT YANG TETAP NEKAT MUDIK DI MASA PELARANGAN MUDIK   KEMENHUB BUKA POSKO PENGENDALIAN TRANSPORTASI DI MASA PENIADAAN MUDIK LEBARAN   FILIPINA TEMPATI URUTAN KEDUA SETELAH INDONESIA SEBAGAI NEGARA ASIA TENGGARA DENGAN KASUS COVID-19 PALING BANYAK   PRESIDEN FILIPINA RODRIGO DUTERTE PERINTAHKAN POLISI TANGKAP WARGA YANG MEMAKAI MASKER DENGAN CARA TIDAK TEPAT   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL: AGLOMERASI BODEBEK-BANDUNG HANYA UNTUK PEKERJA   POLISI AKAN BUKA TUTUP TOL CIKAMPEK AGAR KENDARAAN PEKERJA TIDAK TERDAMPAK PENYEKATAN MUDIK   MUI AJAK MASYARAKAT SALURKAN ZAKAT MELALUI LEMBAGA RESMI AGAR DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN