Kompas TV regional agama

Pantau Hilal, BMKG Makassar Prediksi 1 Ramadhan Dimulai 13 April

Kompas.tv - 12 April 2021, 17:59 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Pemantauan hilal untuk menentukan awal puasa di Sulawesi Selatan, dilakukan dari atap Mal GTC Tanjung Bunga, Makassar.

Petugas dari kantor Kementerian Agama wilayah Sulawesi Selatan memantau posisi bulan yang menentukan tanggal 1 Ramadhan 1442 Hijriah.

Petugas pemantauan hilal dari Kementerian Agama menggunakan sejumlah teropong untuk melihat posisi hilal atau bulan sabit muda pertama di langit Sulawesi Selatan.

Waktu pemantauan dimulai pada pukul 17:00 waktu Makassar yang dianggap sesuai untuk mengetahui posisi hilal yang jadi penentu awal bulan Ramadhan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar memprediksi berdasarkan posisi bulan dan penghitungan tanggal 1 Ramadhan bertepatan dengan Selasa besok 13 April 2021.

Sementara itu di Indonesia timur, pantauan hilal dilakukan di beberapa lokasi salah satunya di Sorong, Papua Barat.

Pantauan hilal digelar di lantai 8 Hotel Kiriad, Sorong, yang agendanya akan dimulai pukul 18.08 WIT.

Hari ini (12/04/2021) Kementerian Agama menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadhan. Sidang isbat ini digelar secara online atau daring karena masa pandemi.

Sidang isbat dibagi dalam 3 tahap, yaitu pemaparan posisi hilal, sidang isbat awal Ramadhan dan ke-3 penyampaian hasil sidang isbat oleh Menteri Agama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.