Kompas TV regional agama

Pantau Hilal, BMKG Makassar Prediksi 1 Ramadhan Dimulai 13 April

Senin, 12 April 2021 | 17:59 WIB

KOMPAS.TV - Pemantauan hilal untuk menentukan awal puasa di Sulawesi Selatan, dilakukan dari atap Mal GTC Tanjung Bunga, Makassar.

Petugas dari kantor Kementerian Agama wilayah Sulawesi Selatan memantau posisi bulan yang menentukan tanggal 1 Ramadhan 1442 Hijriah.

Petugas pemantauan hilal dari Kementerian Agama menggunakan sejumlah teropong untuk melihat posisi hilal atau bulan sabit muda pertama di langit Sulawesi Selatan.

Waktu pemantauan dimulai pada pukul 17:00 waktu Makassar yang dianggap sesuai untuk mengetahui posisi hilal yang jadi penentu awal bulan Ramadhan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar memprediksi berdasarkan posisi bulan dan penghitungan tanggal 1 Ramadhan bertepatan dengan Selasa besok 13 April 2021.

Sementara itu di Indonesia timur, pantauan hilal dilakukan di beberapa lokasi salah satunya di Sorong, Papua Barat.

Pantauan hilal digelar di lantai 8 Hotel Kiriad, Sorong, yang agendanya akan dimulai pukul 18.08 WIT.

Hari ini (12/04/2021) Kementerian Agama menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadhan. Sidang isbat ini digelar secara online atau daring karena masa pandemi.

Sidang isbat dibagi dalam 3 tahap, yaitu pemaparan posisi hilal, sidang isbat awal Ramadhan dan ke-3 penyampaian hasil sidang isbat oleh Menteri Agama.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:04
KOMPOSER UNTUK SERIAL ANIME POPULER "DRAGON BALL" DAN "DORAEMON", SHUNSUKE KIKUCHI MENINGGAL DUNIA   PEMERINTAH ITALIA IZINKAN FINAL COPPA ITALIA DIHADIRI LANGSUNG OLEH PENONTON   JEPANG BERENCANA PERKENALKAN PASPOR VAKSIN UNTUK PERJALANAN INTERNASIONAL   PEBALAP LEWIS HAMILTON TEGASKAN BELUM INGIN PENSIUN DAN BERKOMITMEN UNTUK TETAP DI FORMULA 1   UEFA BERSIKERAS TETAP GELAR FINAL LIGA CHAMPIONS DI STADION OLIMPIADE ATATURK, ISTANBUL PADA 29 MEI 2021   PP PBSI KIRIM 17 WAKIL KE TURNAMEN BULU TANGKIS SINGAPORE OPEN 2021   PANITIA BESAR PON XX PAPUA TARGETKAN DANA SPONSOR MINIMAL RP 200 M SEBAGAI PEMASUKAN DI LUAR APBN & APBD   SEKDA TAPANULI SELATAN: 12 ORANG TERTIMBUN LONGSOR DI AREAL PLTA BATANG TORU   3 DARI 11 KABUPATEN DAN KOTA DI JAMBI MASUK ZONA MERAH COVID-19   POLDA RIAU DIRIKAN 4 POS PENYEKATAN DI PERBATASAN JELANG PENERAPAN LARANGAN MUDIK LEBARAN   DALAM PEKAN INI, DEWAS KPK PERIKSA DUGAAN PELANGGARAN ETIK OLEH PENYIDIK STEPANUS ROBIN PATTUJU   WAJIB MEMBAWA HASIL NEGATIF DARI TES CEPAT ANTIGEN JADI SALAH SATU SYARAT MENDAKI GUNUNG KERINCI   JALUR PENDAKIAN GUNUNG KERINCI AKAN DIBUKA KEMBALI PADA 18 MEI 2021   MENKO POLHUKAM TEGASKAN PEMERINTAH TIDAK AKAN MENCABUT UU ITE MENGINGAT KEJAHATAN DI RUANG DIGITAL SEMAKIN MARAK