Kompas TV nasional peristiwa

Mogok Kerja karena Upah Murah, Curhat Kurir Shopee Bawa Bertumpuk Paket, dan Dimarahi Pelanggan

Senin, 12 April 2021 | 18:21 WIB
mogok-kerja-karena-upah-murah-curhat-kurir-shopee-bawa-bertumpuk-paket-dan-dimarahi-pelanggan
Gambar kurir Shopee membawa tumpukan barang-barang antara. Para kurir Shopee di wilayah Bandung Raya melakukan mogok kerja karena upah murah. (Sumber: Twitter/@PandaPindi21)

JAKARTA. KOMPAS.TV - Kurir-kurir Shopee Express di Bandung Raya melakukan mogok kerja karena dugaan upah murah. Para kurir ini juga mengeluhkan hubungan kerja sebagai mitra tanpa jaminan sosial.

Hal ini pertama terungkap dari akun Twitter @arifnovianto_id. Arif mengatakan, mogok kerja ini telah berlangsung sejak lima hari lalu. Ia mengatakan, sekitar 1.000 orang kurir ikut dalam mogok kerja ini atau memilih mengundurkan diri.

Arif menuturkan, Shopee baru-baru ini memotong upah kurir hingga memicu pemogokan ini.

Baca Juga: Surat Edaran THR dari Kemnaker, Membuat Buruh Kecewa, Ini Jadwal Pembayaran THR

“Mereka protes karena upahnya diturunkan dari 5.000/paket, 3.500/paket, 2.500/paket, & pada awal April menjadi 1.500/paket. Mereka tak dapat upah minimum & jaminan sosial,” cuit Arif.

Akibatnya, barang-barang menumpuk di gudang dan tak sampai ke konsumen platform belanja itu. Arif mengatakan, pemogokan ini berjalan sebagai usaha menuntut kerja layak kepada manajemen Shopee.

Ia pun merinci upah murah berdasarkan kebijakan baru Shopee ini. Kebijakan upah murah ini memberatkan kurir yang mesti menyediakan motor dan bensin sendiri.

Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:55
MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTATO SEBUT 8,3 JUTA ORANG SUDAH TERIMA MANFAAT KARTU PRAKERJA   TAHUN INI, DUA TAMAN MAJU BERSAMA (TMB) AKAN DIBANGUN DI JAKBAR YAKNI KECAMATAN GROGOL PETAMBURAN & DURI KOSAMBI   GUBERNUR ANIES BASWEDAN MINTA TNI, POLRI, SATPOL PP INGATKAN WARGA MENEGAKKAN ATURAN PPKM SECARA MENYELURUH   GUBERNUR ANIES BASWEDAN AKUI KASUS HARIAN COVID-19 DI JAKARTA HARI INI TERTINGGI SEJAK PANDEMI MELANDA INDONESIA   TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR DI RUANG ISOLASI RUMAH SAKIT RUJUKAN COVID-19 DI SURABAYA MENCAPAI 75,9 PERSEN   KPK MENGEKSEKUSI EKS KOMISIONER KPU WAHYU SETIAWAN KE LAPAS KELAS I KEDUNGPANE SEMARANG, JATENG   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 5.006: 4.210 SEMBUH, 208 MENINGGAL DUNIA, DAN 588 DALAM PERAWATAN   HINGGA 18 JUNI 2021, KASUS COVID-19 DI INDONESIA CAPAI 1.963.266 ORANG, 1.779.127 SEMBUH, DAN 54.043 MENINGGAL DUNIA   PT PELINDO II TELAH MENINDAK TEGAS 12 PELAKU PUNGLI DI KAWASAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKUT   KASUS COVID-19 BELUM MEMBAIK, PEMERINTAH MENGGANTI DUA HARI LIBUR NASIONAL DAN MENIADAKAN CUTI BERSAMA NATAL 2021   KETUM IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA AMAN BHAKTI PULUNGAN MINTA PEMERINTAH LEBIH TEGAS BUAT KEBIJAKAN SELAMA PANDEMI   KETUM IKATAN DOKTER ANAK INDONESIA AMAN BHAKTI PULUNGAN MEMPREDIKSI PANDEMI COVID-19 AKAN BERLANGSUNG 3-5 TAHUN   PEMKOT BEKASI AJAK WARGA UNTUK VAKSINASI MASSAL DI STADION PATRIOT CANDRABHAGA PADA 19, 23, 26 JUNI 2021   PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO INGATKAN PENTINGNYA SINERGITAS 4 PILAR TEKAN COVID-19 DI MADIUN, JATIM