Kompas TV cerita ramadan jadwal

Gelar Salat Tarawih Malam Ini, Masjid Agung Solo Batasi Jemaah

Kompas.tv - 12 April 2021, 17:20 WIB
gelar-salat-tarawih-malam-ini-masjid-agung-solo-batasi-jemaah
Masjid Agung Solo (Sumber: Dinas Pariwisata Kota Surakarta)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Masjid Agung Solo, Jawa Tengah, akan menggelar salat tarawih berjemaah pada Senin (12/4/2021) malam, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Nanti untuk mulainya salat tarawih kita menunggu sidang isbat pemerintah. Kalau besok ditetapkan 1 Ramadhan maka malam nanti kita adakan tarawih," kata Sekretaris Takmir Masjid Agung Solo Abdul Basid, seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (12/4/2021).

Rencana ini disampaikan setelah adanya surat edaran dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pada 5 April 2021, yang mengizinkan salat tarawih berjemaah berlangsung di masjid pada Ramadhan 2021.

Baca Juga: Sejarah Sidang Isbat dan Penentuan Awal Ramadhan di Indonesia

Namun, selama ibadah tarawih berlangsung protokol kesehatan secara ketat harus diterapkan dan masjid hanya boleh diisi 50 persen dari kapasitasnya.

Salat tarawih berjamaah di Masjid Agung Solo, ungkap Basid, akan digelar satu kali semalam dengan dua imam, sehingga tak sama dengan tahun sebelumnya yang dua kali semalam.

Nanti malam, jemaah pun dapat memilih salat tarawih delapan rakaat dan tiga witir, atau dua puluh rakaat dan tiga witir.

Baca Juga: Jelang Ramadhan Pantai Ujung Genteng Dipadati Wisatawan

"Tarawih di Masjid Agung akan digelar sebanyak 23 rakaat, namun bagi yang hendak salat dengan 11 rakaat kami sudah sediakan imam sendiri," ujar Basid.

Basid juga menyampaikan bahwa sesuai hasil rapat salat tarawih hanya disarankan untuk jemaah dari lingkungan sekitar masjid.

Namun jika ada jemaah dari luar yang ingin melaksanakan salat tarawih, pihaknya hanya bisa mengimbau untuk memakai masker.

Baca Juga: Perubahan Jam Operasional Mall dan Restoran di Jakarta Selama Bulan Ramadhan

"Setiap pintu masuk masjid sudah disiapkan rambu-rambu agar jamaah tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker," terang Basid.

Selain salat tarawih, kegiatan yang diperbolehkan di Masjid Agung Solo selama Ramadhan tahun ini adalah tadarus Al Quran, iktikaf, kuliah subuh, dan kultum sebelum shalat tarawih.

Sedangkan kegiatan yang ditiadakan yakni sahur bersama dan buka bersama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x