Kompas TV klik360 cerita indonesia

2 Alasan Jokowi Tak Libatkan KPK di Satgas Tagih Utang BLBI

Senin, 12 April 2021 | 15:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menko Polhukam Mahfud MD buka suara terkait alasan KPK tak dilibatkan dalam satgas Tagih Utang BLBI.

Lewat kanal Youtube Kemenko Polhukam RI, Mahfud membeberkan 2 alasan.

“Kalau kpk diikutkan tidak tepat. Pertama, Kpk lembaga hukum pidana,”jelas Mahfud.

“Kedua, kpk itu lembaga dalam rumpun eksekutif bukan bagian dari pemerintah, dia seperti komnasham dan sebagainya, kalau masuk ke tim ktia nanti dikiranya disetir. Saya sudah koordinasi dengan kpk, saya butuh data-data lengkap dari KPK, yang bisa digabungkan ke perdata karena pidananya sudah diputus.”lanjut Mahfud. 

Untuk keperluan data-data tersebut, Mahfud akan berkunjung ke KPK, pada Selasa (13/04/2021).

Pada video tersebut, Mahfud juga menjelaskan pihaknya sudah bekerja lama.

“Kita mulai bekerja udah lama, begitu ada putusan MA tahun 2019 bulan Juli, ini gak ada pidananya. Kalau gak ada pidananya kita kerja untuk tagih perdatanya. Juni 2020, upaya KPK untuk PK tidak diterima MA. Berarti sudah selesai. Lalu kita rapat dari Juni 2020, begitu KPK umumkan SP3 kita buat tim.”jelas Mahfud.

Mahfud pun berpesan pada generasi sekarang terkait kasus BLBI merupakan kasus limbah masa lalu.

"Saya ingin katakan bagi generasi baru atau orang yang tidak mengikuti kasus ini sebagai kasus hukum dan kasus penyelamatan ekonomi negara ingin saya katakan bahwa kasus ini adalah limbah masa lalu ke sekarang," kata Mahfud.

Video Editor: Lisa
 

Penulis : Yuilyana





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:32
POLISI BURU SATU BURONAN ATAS KEPEMILIKAN SENJATA API DI KAMPUNG AMBON, JAKBAR   KADISDIK DKI JAKARTA: SELURUH PROSES PPDB TAHUN AJARAN BARU 2021/2022 DILAKSANAKAN SECARA DARING   PLT JUBIR KPK ALI FIKRI MINTA MASYARAKAT BERHATI-HATI TERKAIT PERMINTAAN DANA YANG MENGATASNAMAKAN KPK   KOMNAS PEREMPUAN MINTA AKSES LANGSUNG KE BKN UNTUK KAJI PERTANYAAN TES WAWASAN KEBANGSAAN (TWK) KPK   JUMLAH PENUMPANG PESAWAT DI BANDARA SOEKARNO-HATTA TURUN HINGGA 90 PERSEN SELAMA LARANGAN MUDIK LEBARAN   WAKIL KETUA DPR MUHAIMIN ISKANDAR MINTA PEMERINTAH TOLAK SEMUA WNA YANG MASUK KE INDONESIA DI TENGAH LARANGAN MUDIK   SATPOL PP DKI IMBAU PARA PEDAGANG PASAR TANAH ABANG TAK BERJUALAN DI ATAS TROTOAR JALAN UNTUK CEGAH KERUMUNAN   WALI KOTA JAKPUS DHANY SUKMA MEMPREDIKSI JELANG LEBARAN PASAR TANAH ABANG AKAN SEMAKIN BANYAK PENGUNJUNG   KEMENKES: PEMBAYARAN INSENTIF TENAGA KESEHATAN RSD COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN MASIH DALAM PROSES   CEGAH KLASTER BARU COVID-19, MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA KEPALA DAERAH LARANG KERUMUNAN JELANG LEBARAN   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO TEGASKAN LOKASI WISATA DI WILAYAH ZONA MERAH HARUS DITUTUP SAAT LIBUR LEBARAN   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA PENYEKATAN MUDIK JELANG LEBARAN DIPERKETAT   KEMENKES: SEBANYAK 1.499.707 TENAGA KESEHATAN SUDAH DIVAKSINASI DOSIS PERTAMA DAN 1.364.543 DOSIS KEDUA   KEMENKES: HINGGA 9 MEI 2021, JUMLAH MASYARAKAT YANG SUDAH DIVAKSINASI DOSIS KEDUA MENCAPAI 8.634.546 ORANG