Kompas TV regional berita daerah

Imbas Larangan Mudik, Perusahaan Armada Bus Terpaksa Kurangi Operasional

Senin, 12 April 2021 | 15:00 WIB

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dampak larangan mudik lebaran yang diberlakukan pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19, perusahaan jasa transportasi menyebut terpaksa akan merumahkan puluhan karyawan sebagai dampak tidak bisa beroperasinya angkutan mereka.

Selama dua kali lebaran, pemerintah mengeluarkan larangan masyarakat untuk mudik lebaran.

Pemerintah juga melarang angkutan umum untuk beroperasi melayani masyarakat yang akan pulang kampung.

Kebijakan ini tentu akan berdampak pada moda angakutan lebaran termasuk diantaranya armada bus.

Salah satu perusahaan otobus di Kota Semarang mengatakan dampak dari kebijakan pemerintah tersebut akan mengakibatkan berkurangnya armada bus yang beroperasi, sehingga dampaknya akan mengurangi pendapatan.

Pihak otobus juga telah ancang-ancang untuk merumahkan sebagian karyawannya sebagai dampak dari  kebijakan pemerintah tersebut.

Sementara itu kebijakan larangan mudik ditanggapi salah satu penumpang bus.

Menurutnya pembatasan operasional angkutan umum saat mudik lebaran akan menyulitkan mereka yang akan bersilaturahmi dengan keluarga saat lebaran nanti.

Pemilik otobus mengaku dampak dari pandemi sudah dirasakan oleh pihak perusahaan sejak setahun lebih.

Pihak bus Coyo sendiri memiliki 132 unit armada bus, namun kini hanya 15 armada saja yang beroperasi dengan tujuan Semarang-Cirebon.

Akibatnya pihak perusahaan telah mengurangi karyawannya.

Kondisi ini akan semakin menyulitkan pihak perusahaan otobus karena pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik lebaran.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:47
DIRJEN KKP SLAMET SOEBJAKTO SEBUT IKAN KERAPU DARI NATUNA JADI FAVORIT EKSPOR SEKTOR KELAUTAN DAN PERIKANAN NASIONAL   TAMAN MARGASATWA RAGUNAN, JAKARTA SELATAN TUTUP DI HARI PERTAMA IDUL FITRI DAN AKAN DIBUKA KEMBALI JUMAT BESOK   PEMPROV DKI TERIMA 5.280 PERMOHONAN SIKM, 2.918 DI ANTARANYA DITOLAK   CEGAH COVID-19, PEJABAT DI PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA TIDAK GELAR “OPEN HOUSE” LEBARAN   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO: PERAYAAN IDUL FITRI-KENAIKAN ISA ALMASIH MERUPAKAN BERKAH BAGI INDONESIA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA UNTUK MENDOAKAN UMAT ISLAM DI PALESTINA   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TIDAK ADAKAN ACARA “OPEN HOUSE” SAAT LEBARAN   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT MEMILIH TIDAK MUDIK BUKAN HAL MUDAH SAAT PANDEMI   RAYAKAN LEBARAN DI RUMAH, MENDIKBUD RISTEK NADIEM MAKARIM INGATKAN MASYARAKAT UNTUK PEDULI TERHADAP SESAMA   KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO AJAK MASYARAKAT UNTUK TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN SAAT LEBARAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO: IDUL FITRI MERUPAKAN MOMENTUM PERKUAT SOLIDARITAS-SOLIDITAS KEBANGSAAN   KEMENTERIAN ESDM JAMIN KETERSEDIAAN BAHAN BAKAR NASIONAL SELAMA LIBUR LEBARAN AMAN   WALI KOTA BEKASI: GOR PATRIOT CANDRABHAGA BEKASI AKAN DIALIHFUNGSIKAN SEBAGAI LOKASI KARANTINA BAGI PEMUDIK   DINAS PARIWISATA KARAWANG SEBUT HANYA WARGA DENGAN KTP KARAWANG YANG DIIZINKAN MASUK TEMPAT WISATA DI KARAWANG