Kompas TV nasional hukum

KPK Tak Gabung Satgas Tagih Utang BLBI, Mahfud: Kalau Masuk Nanti Dikira Disetir

Senin, 12 April 2021 | 15:00 WIB
kpk-tak-gabung-satgas-tagih-utang-blbi-mahfud-kalau-masuk-nanti-dikira-disetir
Menkopolhukam Mahfud MD. KPK Tak Gabung Satgas Tagih Utang BLBI, Mahfud: kalau Masuk Tim Nanti Dikira Disetir. (Sumber: Kemenko Polhukam)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md angkat bicara soal alasan Komisi Pemberantasan Koupsi (KPK) tak dilibatkan dalan Satgas penagihan utang Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Menurut Mahfud, hal itu dilakukan demi menjaga independensi KPK sebagai lembaga penegakan hukum.

Selain itu, Mahfud mengatakan, saat ini kasus BLBI masuk dalam masa penagihan secara perdata, sehingga keterlibatan KPK sebagai anggota Satgas tidak tepat.

Baca Juga: Ini Tugas dan Susunan Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana BLBI di Keppres 6 Tahun 2021

"Kalau KPK diikutkan tidak tepat. Pertama karena KPK itu lembaga penegak hukum pidana lalu yang kedua KPK itu adalah lembaga dalam rumpun eksekutif tetapi bukan bagian dari pemerintah sehingga dia seperti Komnas HAM dan sebagainya," katanya, Senin (12/4/2021).

"KPK kalau masuk ke tim kami nanti dikira disetir dan sebagainya. Biar dia bekerja kalau memang ada korupsinya dari kasus ini," sambung Mahfud.

Meski demikian, ia menjamin bahwa koordinasi informasi dan data terkait kasus tersebut tetap bekerja sama dengan KPK.

Penulis : Fadhilah | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


AIMAN

Begini Siasat Pemudik Nekat - AIMAN

Selasa, 11 Mei 2021 | 20:08 WIB
AIMAN

Lolos Pos Penyekatan Kok Bisa? - AIMAN

Selasa, 11 Mei 2021 | 20:05 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
20:16
PT PELABUHAN INDONESIA II (IPC) JAMIN LAYANAN OPERASIONAL PELABUHANNYA BERJALAN NORMAL SELAMA LIBUR LEBARAN   MALAYSIA BERLAKUKAN KEBIJAKAN BARU PEMBATASAN GERAK ("LOCKDOWN") NASIONAL MULAI BESOK HINGGA 7 JUNI 2021   PEMERINTAH KIRIM 1.400 TABUNG OKSIGEN KE INDIA BANTU PERAWATAN PASIEN COVID-19   PENGAMAT PERTAHANAN UI CONNIE RAHAKUNDINI BAKRIE MINTA KEMENHAN DAN KPK USUT SOAL DUGAAN MAFIA ALUTSISTA   KSPI DESAK PEMERINTAH HENTIKAN KEDATANGAN TKA DARI NEGARA MANA PUN SELAMA MASA PANDEMI KORONA   KONFEDERASI SERIKAT PEKERJA INDONESIA (KSPI): HINGGA SAAT INI RATUSAN PERUSAHAAN BELUM BERI THR UNTUK KARYAWANNYA   BESOK, PEMKAB KEBUMEN TUTUP ALUN-ALUN GUNA CEGAH KERUMUNAN DI TENGAH PANDEMI   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL SEBUT SHALAT ID BERJEMAAH HANYA BOLEH DI ZONA HIJAU DAN KUNING DENGAN KAPASITAS 50%   SEBANYAK 7 PETAMBANG EMAS ILEGAL DI SOLOK SELATAN, SUMBAR, TEWAS TERTIMBUN LONGSOR   WISATA BROMO DAN PENDAKIAN GUNUNG SEMERU DITUTUP SEMENTARA PADA 13-23 MEI 2021   PEMKOT BOGOR MELARANG WARGA JAKARTA, DEPOK, TANGERANG, DAN BEKASI MASUK KE TEMPAT WISATA BOGOR SELAMA LIBUR LEBARAN   MASJID RAYA JAKARTA ISLAMIC CENTRE (JIC) DI KOJA, JAKUT, AKAN GELAR SHALAT ID DENGAN KAPASITAS 50%   PREDIKSI BEBAN PUNCAK LISTRIK NAIK SAAT LEBARAN, PLN PASTIKAN PASOKAN LISTRIK AMAN   INDEF MINTA PEMERINTAH KAJI ULANG RENCANA KENAIKAN TARIF PPN DI TENGAH PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL