Kompas TV internasional kompas dunia

Pangeran Philip Meninggal, Ratu Elizabeth Merasa Hidupnya Hampa

Kompas.tv - 12 April 2021, 12:56 WIB
pangeran-philip-meninggal-ratu-elizabeth-merasa-hidupnya-hampa
Dalam foto yang dirilis pada Kamis 19 November 2020 ini, Ratu Inggris Elizabeth II dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh melihat kartu ulang tahun pernikahan buatan cicitnya. (Sumber: Chris Jackson via AP)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Purwanto

LONDON, KOMPAS.TV – Kepergian Pangeran Philip untuk selamanya telah meninggalkan kehampaan besar dalam kehidupan Ratu Elizabeth II. Hal ini diungkapkan oleh anak ketiga Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II, Pangeran Andrew, Minggu (11/4/2021).

Andrew, turut berkumpul bersama anggota keluarga kerajaan lainnya di gereja Royal Chapel of All Saints di Kastil Windsor setelah kematian ayahnya pada hari Minggu lalu.

Andrew mengatakan, bahwa ibunya berkata ia merasakan kehampaan yang sangat besar dalam hidupnya, sepeninggal sang suami.

Baca Juga: Kisah Pangeran Philip yang Marah Besar saat Disodorkan Pakai Kursi Roda

“Kita telah kehilangan seorang kakek bangsa. Saya sangat merasa kehilangan dan mendukung ibuku, yang mungkin merasakan kehilangan ini lebih besar daripada yang dirasakan orang lain,” ujar Andrew seperti dikutip dari The Associated Press.

Sedangkan anak keempat Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II, yaitu Pangeran Edward, menyebut kematian Philip sebagai kejutan yang tidak menyenangkan. Namun ia mengatakan, Ratu Elizabeth dapat menahan diri dari rasa duka yang dirasakannya.

Istri Edward, yaitu Sophie, Countess of Wessex mengatakan Ratu lebih memikirkan warganya dibandingkan dirinya sendiri.

Sophie juga mengatakan bahwa Pangeran Philip pergi dengan damai.

Baca Juga: Istana Buckingham Umumkan Tanggal Pemakaman Pangeran Philip, Suami Ratu Inggris Elizabeth II

“(Kepergiannya) sangat lembut, seperti ada seseorang yang menggandeng tangannya dan kemudian dia pergi. Dia pergi dengan sangat-sangat damai. Bukankah itu yang Anda inginkan untuk (kepergian) seseorang, kan?” tambah Sophie.

Ratusan warga Inggris mengungkapkan dukacita dengan meninggalkan bunga di luar gerbang istana Buckingham untuk mengenang Pangeran Philip.

Pemakaman Pangeran Philip akan berlangsung pada 17 April mendatang di Kastil Windsor. Hanya 30 orang yang dapat menghadiri pemakamannya secara langsung, karena aturan pembatasan virus corona yang di Inggris. Namun demikian, prosesi pemakamannya akan disiarkan di televisi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.