Kompas TV cerita ramadan takjil

Santap Kurma saat Berbuka Puasa, Ahli Beberkan Sederet Manfaatnya

Selasa, 13 April 2021 | 17:00 WIB
santap-kurma-saat-berbuka-puasa-ahli-beberkan-sederet-manfaatnya
Ilustrasi dua mangkuk buah kurma. Bila disimpan dengan cara yang tepat, kurma bisa awet dari 3 bulan sampai 1 tahun. (Sumber: SHUTTERSTOCK/MAMA_MIA)

SOLO, KOMPAS.TV- Berbuka puasa menjadi satu kegiatan yang tak bisa dilewatkan selama Ibadah Bulan Ramadan. 

Namun kadang kala banyak yang masih salah memahami makanan yang baik untuk santapan buka puasa.

Sejumlah ahli memberikan rekomendasi buah kurma sebagai santapan berbuka puasa.

Selain memang menu yang diajurkan oleh Nabi Muhammad SAW, kurma banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya kandungan gula alaminya yang mengembalikan energi tubuh dengan cepat.

Baca Juga: Satu Kampung Budidaya Kurma Organik di Lahan Sempit

"Tuntutan sunah berbuka puasa dengan kurma adalah cara yang paling sehat dan paling cepat juga dalam memulihkan tubuh kita dan menghasilkan energi,” kata Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr (Cand) dr Inggrid Tania MSi, dalam webinar di kanal YouTube PDPOTJI Online yang dikutip KompasTV.

Menurut Tania, sebutir kurma mengandung, antara lain protein, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, dan vitamin A.

Kurma juga tinggi serat pangan larut yang bisa memperlancar proses pencernaan serta bersifat antimikroba, yang melindungi lambung dan usus, misalnya dari parasit yang terbawa dalam makanan yang kita makan.

Oleh karena itu, Tania mengatakan, kurma tak hanya baik sebagai santapan berbuka puasa, tetapi juga mengawali sesi makan.

"Misalnya ketika traveling, makan di restoran atau ke warteg, lebih bagus makan kurma dulu karena baik untuk mengondisikan dan melindungi lambung dan usus kita dan membantu melawan parasit dan bakteri yang mungkin bisa masuk bersama makanan," tutur dia.

Baca Juga: Budi Daya Kurma Organik Di Lahan Sempit

Tania menjelaskan,  kurma mengandung gizi makro seperti karbohidrat dan protein, tetapi kurma tidak menyebabkan obesitas karena tinggi kandungan serat.

Penulis : Gading Persada | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Film

Daftar Lengkap Pemenang Emmy Awards 2021

Senin, 20 September 2021 | 13:11 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
13:31
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19