Kompas TV nasional sapa indonesia

Waspada! Ancaman Gempa Megathrust Kian Nyata, Ini Penjelasan BMKG

Senin, 12 April 2021 | 10:21 WIB

KOMPAS.TV - Gempa dengan magnitudo 6,1 di Malang, Jawa Timur, merusak sebagian besar bangunan di Kota dan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Titik episentrum gempa diketahui berada di laut dengan jarak 96 kilometer selatan Kota Kepanjen, Malang, pada kedalaman 80 kilometer.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, gempa yang terjadi di Malang bukan termasuk gempa megathrust.

"Gempa selatan Malang ini bukan termasuk Gempa Megathrust, tetapi gempa menengah di zona Benioff," ujar Daryono.

Terkait adanya ancaman gempa megathrust, Kepala Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menyebutkan wilayah Indonesia memang terletak pada bagian Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire).

Hal ini membuat Indonesia sangat rentan terhadap bencana terutama gempa dan tsunami.

Selain ancaman gempa besar yang diakibatkan oleh sumber gempa megathrust, masyarakat juga perlu mewaspadai sumber gempa sesar aktif. 

Berdasarkan frekuensi kejadian gempa merusak, sesar aktif sebenarnya lebih sering terjadi dan menimbulkan kerusakan serta korban jiwa dibandingkan megathrust.

Hanya saja sumber gempa megathrust mampu membangkitkan gempa dahsyat dengan magnitudo mencapai 8 hingga 9 SR.

Sementara sumber gempa sesar aktif, rata-rata hanya mampu memicu gempa paling tinggi dengan magnitudo 7,5.

Perbedaan lainnya, gempa sesar aktif yang lebih sering terjadi banyak berpusat di daratan, dekat perkotaan, dan bahkan tempat tinggal kita.

Kalau gempa megathrust, sumbernya terletak di laut, sehingga dapat memicu terjadinya tsunami.

Gempa megathrust kerap menjadi peringatan sebelum terjadinya tsunami seperti di Aceh (tahun 2004) atau Chile (tahun 2010)

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:24
ASOSIASI BULU TANGKIS MALAYSIA (BAM) INGIN MALAYSIA OPEN 2021 DIGELAR DENGAN PENONTON PADA 25-30 MEI   PANGERAN PHILIP, SUAMI RATU ELIZABETH II, AKAN DIMAKAMKAN DENGAN UPACARA KERAJAAN DI KASTIL WINDSOR PADA 17 APRIL   KASUS COVID-19 MELONJAK TAJAM, 8 JUTA RAKYAT BOGOTA DIMINTA LAKUKAN KARANTINA WILAYAH SECARA KETAT HINGGA 13 APRIL   WAKIL PRESIDEN MA'RUF AMIN INGATKAN, SESUAI ANJURAN MUI, IBADAH DI RUMAH LEBIH BAIK UNTUK CEGAH PENULARAN COVID-19   PEMKAB BANTUL, DIY, LARANG KEGIATAN YANG TIMBULKAN KERUMUNAN JELANG RAMADAN DALAM PENGENDALIAN PENYEBARAN KORONA   CEGAH PENULARAN COVID-19, MASJID ISTIQLAL TIADAKAN KEGIATAN BUKA PUASA DAN SAHUR UNTUK RAMADAN TAHUN INI   MASJID ISTIQLAL HANYA AKAN DIBUKA UNTUK IBADAH SHALAT LIMA WAKTU, SHALAT JUMAT, DAN TARAWIH   KEMBALI DIBUKA UNTUK PUBLIK BERIBADAH DI BULAN RAMADAN, MASJID ISTIQLAL BATASI KAPASITAS JEMAAH HANYA 2.000 ORANG   PENUHI KEBUTUHAN WARGA, POSKO BENCANA ADONARA DARI FLORES TIMUR SEDIAKAN MCK DARURAT SELAMA 3 HARI KE DEPAN   WAKIL GUBERNUR NTT PASTIKAN SENIN INI BANTUAN AKAN DIKIRIM KEPADA WARGA YANG TERDAMPAK BENCANA   WAGUB NTT JOSEF NAE SOI AKUI BANTUAN UNTUK SEJUMLAH DESA DI KUPANG BELUM TERJANGKAU AKIBAT TERKENDALA AKSES DAN CUACA   MASIH TRAUMA TERJADI GEMPA SUSULAN, SEJUMLAH WARGA DI LUMAJANG, JATIM, TIDUR DI LUAR RUMAH ATAU DI TEPI JALAN   PETUGAS TARGETKAN NORMALISASI FASILITAS UMUM DI JEMBER YANG RUSAK AKIBAT GEMPA SELESAI DALAM 14 HARI   GUBERNUR JATIM MINTA PERBAIKAN TEMPAT IBADAH DAN LAYANAN KESEHATAN YANG RUSAK AKIBAT GEMPA JADI PRIORITAS