Kompas TV cerita ramadan panduan

Praktis! Inilah 10 Menu Sahur Anak Kos yang Perlu Dicoba

Kompas.tv - 12 April 2021, 08:08 WIB
praktis-inilah-10-menu-sahur-anak-kos-yang-perlu-dicoba
Satu menu andalan anak kos (Sumber: Instagram @javafoodie)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Tinggal jauh dari rumah dan absen dimasakin orang tua saat Ramadhan. Anak kos tentu harus menyiapkan menu sahur sendiri. Syukur-syukur kalau memang tempat kos dekat dengan warung makan. Jika jauh, masak menjadi satu alternatif yang perlu dilakukan.

Baca Juga: Tips Mengatur Pola Tidur Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Agar tidak bingung menu apa yang akan dimasak, berikut 10 rekomendasi dari Kompas.tv menu sahur ala anak kos yang praktis dan mudah memasaknya.

1. Pasta atau Mie Instan
Masaknya yang mudah dan tidak menunggu lama, membuat makanan ini lebih mudah untuk disajikan. Bahkan, kamu bebas memilih rasa apa yang ingin dimakan.

2. Tumis Jamur Tiram
Olahan ini bisa matang kurang dari 10 menit. Cara memasaknya pun mudah. Setelah Jamur dicuci dan dipotong sesuai selera, kamu bisa langsung mulai menumis dengan menambahkan bumbu ke dalam masakan.

3. Martabak Mie atau Omelet
Ini adalah sajian lain jika bosan dengan mie atau pasta instant. Memasaknya mudah, cukup dengan merebus mie lebih dulu lalu dicampur dengan telur yang sudah di kocok. Sama-sama cepat, makanan ini tidak sampai 10 menit untuk disajikan.

4. Telur dadar
Jika kamu bangun hampir mendekati waktu imsak, inilah masakan yang pasti bisa jadi penyelamat. Tidak sampai 5 menit untuk memasak, telur dadar sudah bisa disajikan.

5. Chicken Nuget
Alternatif lain jika bosan dengan telur, kamu bisa menggoreng stok nugget di kulkas. Menu ini tentu tidak sampai 5 menit untuk memasaknya.

6. Tahu Telur Kecap
Menu ini super lengkap sumber proteinnya, yakni nabati dan hewani. Menyajikannya pun tidak lama, saat tahu dan telur sudah dimasukkan ke wajan, maka yang terakhir tinggal memasukkan kecap beserta bumbu lainnya sebagai pelengkap rasa.

7. Sarden
Ikan dalam kaleng ini sudah komplit disiapkan dengan bumbu, sehingga sangat praktis untuk dimasak oleh anak kos.

8. Sayur orak-arik
Agar sahur tetap bisa makan sayur, kamu bisa memilih menu ini. Memasaknya pun mudah, tidak sampai 15 menit masakan ini sudah bisa disajikan.

9. Nasi Goreng
Jika di kos benar-benar tidak ada bahan untuk di masak, tetapi kamu masih punya nasi, garam, bawang merah juga kecap. Maka, kamu masih bisa memasak menu satu ini. Bila ada yang lain, bisa juga ditambahkan telur, kornet, atau sayuran, dalam menu ini.

10. Tempe Orek
Cara praktis lain selain menu-menu di atas, adalah tempe orek. Tempe yang kamu punya tinggal dipotong sesuai selera dan dimasak. Tempe bisa jadi penyelamat dan juga kaya manfaat.

Baca Juga: 4 Resep Kolak Pisang Enak, Sajian untuk Takjil Berbuka Puasa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x