Kompas TV cerita ramadan jadwal

Link Live Streaming Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1442 H, Senin 12 April 2021

Kompas.tv - 12 April 2021, 01:00 WIB
link-live-streaming-sidang-isbat-penetapan-awal-ramadan-1442-h-senin-12-april-2021
Ilustrasi sidang isbat penetapan awal Ramadhan dilakukan sesaat setelah pemantauan hilal atau rukyatul hilal di berbagai titik pantau di seluruh Indonesia. Berikut link live streaming sidang isbat yang akan digelar Senin (12/4/2021). (Sumber: galamedianews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Awal Ramadan 1442 H akan ditentukan melalui sidang isbat yang akan digelar Senin (12/4/2021) di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta.

Pemerintah, melalui Kementerian Agama (Kemenag) melaksanakan sidang isbat ini bertepatan pada 29 Syaban 1442 H. 

Dirgen Bimas Islam Kamaruddin Amin mengatakan sidang isbat ini akan digelar secara daring dan luring mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Baca Juga: Sidang Isbat Awal Ramadan 1442 H Digelar 12 April 2021, Berikut Lokasi Rukyatul Hilal

"Isbat awal Ramadan dilaksanakan12 April, bertepatan 29 Syaban 1442 H," kata Kamaruddin, dikutip dari Tribunnews, Senin (12/4/2021).

Kamaruddin menyebutkan, sidang isbat ini akan disiarkan di TVRI, RRI, dan di media sosial milik Kementerian Agama.

"Sidang isbat akan disiarkan oleh TVRI sebagai TV Pool, RRI, dan media sosial Kementerian Agama," jelasnya.

Nantinya, sidang isbat penetapan awal Ramadan 1442H/2021akan dihadiri oleh sejumlah pihak terkait, sepertu Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institusi Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kemenag, dan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Baca Juga: Sidang Isbat Awal Ramadan Digelar 12 April 2021

Ormas Islam yang bergabung di sidang isbat di Kantor Kemenag adalah NU, Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah, sementara ormas lainnya akan mengikuti proses sidang secara daring.

"Ada 29 duta besar negara sahabat yang diundang. Kami berharap ada di antara mereka yang bisa hadir secara langsung dalam proses sidang," jelas Kamaruddin.

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam Agus Salim mengatakan sidang isbat penetapan awal Ramadan 1442 H ini akan dibagi ke dalam tiga tahap. Tahap pertama, pukul 16.45 WIB, adalah pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Baca Juga: Simak Tips Puasa bagi Ibu Hamil Agar Tetap Bugar Saat Ramadan

Kemudian, tahap kedua adalah sidang isbat awal Ramadan yang dilakukan setelah salat Maghrib. Sidang ini akan dilakukan secara tertutup.

"Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat oleh Menteri Agama yang akan disiarkan TVRI, RRI, dan medsos Kemenag," jelas Agus.

Berikut link live streaming Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1442 H/2021.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x