Kompas TV travel jelajah dunia

Baru! Jepang Kembali Punya Toilet Unik, Toilet Mengambang

Kompas.tv - 11 April 2021, 23:30 WIB
baru-jepang-kembali-punya-toilet-unik-toilet-mengambang
Toilet unik yang mengambang ada di Tokyo, Jepang (Sumber: dezeen.com/dok. Kenta Hasegawa)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

TOKYO, KOMPAS.TV - Terkenal sebagai negara dengan beragam penemuan yang unik dan menarik, Jepang kembali hadir denga karya nyentriknya yang berupa toilet.

Setelah sebelumnya memiliki toilet transparan dengan lampu warna-warni, masyarakat Negeri Sakura kini punya toilet yang "mengambang".

Melansir Travel and Leisure, Jumat (9/4/2021), toilet yang terbuat dari beton berbentuk persegi panjang raksasa tersebut terletak di dekat Stasiun Sendagaya di Tokyo dan dirancang oleh studio desain Jepang bernama Suppose Design Office.

Baca Juga: PM Yoshihide Suga akan Percepat Pemilihan Umum Jepang Sebelum Akhir September

Meski terlihat cukup membosankan dari luar, bagian dalam toilet dibuat begitu sempurna sehingga memberi pengunjung kenyamanan bak hotel dengan biliknya yang terbuat dari kayu Akoya.

Melalui sebuah pernyataan, studio desain tersebut mengatakan, bahwa toilet ini tertutup sepenuhnya pada ketinggian yang sejajar dengan mata.

Namun secara simbolis, bangunan tersebut membiarkan cahaya masuk dari atas, serta memastikan adanya ventilasi melalui celah pada kaki bangunan.

Baca Juga: Bahaya Mutasi Virus Corona E484K 'Eek', Sudah Masuk Indonesia Lewat Jepang

“Kami bertujuan untuk menciptakan arsitektur yang memungkinkan orang untuk merasakan ruang yang lebih dari sekadar toilet umum,” jelas Suppose Design Office.

Sebab, celah yang berada pada bagian bawah bangunan memiliki tinggi sekitar 1,6 kaki atau 500 milimeter, yang mana tetap menjaga privasi pengguna toilet.

Untuk dindingnya, bangunan beton milik Suppose Design Office ini didukung kolom tengah di dalam struktur.

“Kami ingin menciptakan rasa tidak nyaman di kota dengan membuat bongkahan beton—yang biasanya berat, terlihat seperti mengapung, sehingga menjadi sebuah seni tersendiri,” kata mereka.

Baca Juga: Perhiasan Kawat Tembaga Asal Malang Dilirik Pasar Tiongkok dan Jepang

Toilet umum yang unik ini berukuran sekitar 25 kaki atau 7,5 meter. Tingginya sekitar dua kali dari pintu masuk stasiun yang letaknya di sebelah bangunan tersebut.

Lebar toilet tersebut adalah 75 meter persegi dan memiliki pemisah antara bilih pria dan wanita, serta wastafel pada pusat toilet tersebut.

Menurut Dezeen, studio tersebut melihat proyek toilet ini sebagai salah satu dari sekian banyak proyek untuk membantu mempersiapkan Tokyo terkait Olimpiade pada musim panas 2021.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x