Kompas TV klik360 sinau

Mengenal Seismograf, Alat Pendeteksi Gempa Bumi

Minggu, 11 April 2021 | 20:07 WIB

SOLO, KOMPAS.TV - Seismograf adalah instrumen pendeteksi gempa bumi yang dilengkapi dengan rekaman data atau seismogram, serta sistem perhitungan waktu pencatatan getaran tanah hasil rambatan gelombang gempa bumi.

Rekaman data digunakan untuk mendapatkan informasi tentang gempa bumi seperti asal kejadian, pusat gempa, kedalaman, kekuatan, dan parameter gempa lainnya.

Alat pendeteksi gempa bumi pertama kali ditemukan di Tiongkok pada 132 SM oleh Zhang Heng.

Alat ini memiliki bentuk seperti guci dengan ornamen delapan kepala naga, yang masing-masing kepala menghadap ke setiap arah mata angin.

Cara kerja alat pendeteksi gempa bumi pertama cukup sederhana, yaitu untuk memperkirakan arah dan besar getaran berdasarkan suara dari bola di mulut naga yang jatuh.

Perkembangan seismograf modern tidak lepas dari sosok John Milne. Seismograf pendulum horizontal rancangan Milne dan rekannya jadi cikal bakal perangkat seismograf yang digunakan hingga saat ini.

Mesin ini merekam getaran yang terjadi dengan gerakan tiba-tiba di sepanjang garis patahan di bumi.

Gelombang gerak ini dapat berupa salah satu dari dua jenis gelombang primer (P) atau gelombang sekunder (S), yang bergerak dengan kecepatan berbeda.

Sementara itu, pengamatan aktivitas gempa bumi di Indonesia telah dilakukan sejak zaman kolonial belanda tahun 1898.

Dan sepanjang tahun 2019, BMKG telah memasang seismograf di 194 lokasi di Indonesia.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:08
PEMKOT DENHAM, SHARK BAY, AUSTRALIA BARAT IMBAU PENDUDUK MENGUNGSI KE TEMPAT YANG LEBIH AMAN HADAPI SIKLON SEROJA   HINGGA AKHIR PEKAN INI, TOTAL KORBAN SIPIL TEWAS DALAM KUDETA MYANMAR MENCAPAI LEBIH DARI 700 ORANG   PANGERAN HARRY AKAN HADIRI PEMAKAMAN KAKEKNYA, PANGERAN PHILIP, SEORANG DIRI TANPA DIDAMPINGI MEGHAN MARKLE   KEMENDIKBUD: 22.000 DESA BELUM PUNYA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)   SAAT INI, KEBUTUHAN INSINYUR DI INDONESIA BARU TERPENUHI 30-40% DARI TOTAL KESELURUHAN KEBUTUHAN INSINYUR   KEMENTERIAN PUPR: INDONESIA MEMBUTUHKAN TAMBAHAN 260.000 INSINYUR   ANAK PERUSAHAAN PERTAMINA, PERUSAHAAN GAS NEGARA (PGN), RUGI RP 3,8 TRILIUN   POLISI SITA 1,5 KG SABU DALAM PENGGEREBEKAN KAMPUNG NARKOBA DI PALEMBANG, SUMATERA SELATAN   POLDA SUMATERA SELATAN TANGKAP 65 ORANG DALAM PENGGEREBEKAN KAMPUNG NARKOBA DI PALEMBANG   JELANG RAMADAN, WARGA SUMATERA BARAT DILARANG GELAR TRADISI BALIMAU DI TENGAH PANDEMI KORONA   WAGUB DKI AHMAD RIZA PATRIA INGATKAN ADA SANKSI BAGI ASN YANG NEKAT MUDIK LEBARAN 2021   PEMPROV JATIM: BALAI DESA JADI TEMPAT STRATEGIS BAGI PENGUNGSI KORBAN GEMPA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   KEMENSOS SIAPKAN 2 TITIK PENGUNGSIAN UNTUK KORBAN GEMPA DI MALANG DAN LUMAJANG   INDONESIA DI WILAYAH CINCIN API, PRESIDEN JOKOWI IMBAU MASYARAKAT TINGKATKAN KESIAPSIAGAAN & KEWASPADAAN BENCANA