Kompas TV bisnis bumn

Erick Thohir Resmikan Pertashop di Pondok Pesantren Nurul Quran Karangpetir

Kompas.tv - 11 April 2021, 19:41 WIB
erick-thohir-resmikan-pertashop-di-pondok-pesantren-nurul-quran-karangpetir
Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Pertashop untuk Pondok Pesantren Nurul Quran Karangpetir di Desa Surusunda, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

CILACAP, KOMPAS.TV - Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah yang juga Menteri BUMN, Erick Thohir, meresmikan Pertashop untuk Pondok Pesantren Nurul Quran Karangpetir di Desa Surusunda, Kecamatan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, pada Minggu (11/4/2021).

Erick Thohir dalam sambutannya mengatakan, Pertashop merupakan sarana kemitraan dari Pertamina yang bertujuan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Erick Thohir: Seri Pertama IBL Bukti Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi Bisa Berjalan Beriringan

"Pertashop ini bagian dari BUMN dalam penguatan ekonomi masyarakat, seperti salah satunya di Pondok Pesantren Nurul Qur'an Karangpetir ini," kata Erick Thohir melalui keterangan resminya pada Minggu (11/4/2021).

Erick menjelaskan, upaya Pertamina menghadirkan Pertashop di Pondok Pesantren Nurul Quran Karangpetir ini sudah sesuai dengan empat pilar dalam Masyarakat Ekonomi Syariah.

Adapun keempatnya yaitu berfokus pada pengembangan pasar industri halal di dalam dan luar negeri, pengembangan industri keuangan syariah nasional, investasi bersahabat yang melibatkan pengusaha di daerah, dan pengembangan ekonomi syariah dari pedesaan (dan pesantren) secara berkelanjutan.

Baca Juga: Momen Jokowi Goda Erick Thohir: Baru Beli Persis Solo, Semua Dibeli...

Erick menuturkan, program kemitraan Pertashop dari Pertamina dengan pondok pesantren merupakan inovasi baru.

Tidak hanya menumbuhkan kemandirian ekonomi pondok pesantren, kata Erick, hadirnya Pertashop sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di wilayah Kabupaten Cilacap sesuai kebijakan pembangunan daerah yaitu 'Bangga Mbangun Desa'.

“Ini adalah proyek percontohan, untuk menuju 1.000 pesantren dengan 1.000 bisnis. Sehingga pesantren dapat mandiri secara finansial dan menguatkan ekonomi umat dan masyarakat sekitar,” ucap Erick.

Baca Juga: Erick Thohir, Menteri BUMN Pemilik Klub Sepak Bola dan Ketua Ekonomi Syariah

Di sisi lain, Erick menambahkan, dengan adanya Pertashop di Desa Surusunda juga membantu mempermudah akses BBM bagi masyarakat, khususnya dengan harga yang terjangkau.

Terlebih, masih ada wilayah yang jauh dari SPBU, sehingga masyarakat sering mendapatkan harga BBM yang lebih mahal.

"Sebagai Menteri, kami di Kementerian BUMN dan juga Pertamina, akan terus mendukung program kemandirian ekonomi masyarakat melalui program kemitraan atau program-program lainnya," ucap Erick Thohir.

Baca Juga: Gibran Sambut Baik saat Kaesang dan Erick Thohir Resmi jadi Pemilik Klub Sepak Bola Persis Solo

Dalam acara peresmian ini, turut mendampingi Erick Thohir yakni Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Adapun Pertashop lembaga penyalur Pertamina skala kecil diketahui menyediakan kebutuhan konsumen berupa BBM Nonsubsidi, LPG Nonsubsidi dan produk Pertamina Ritel lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur Pertamina lain.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x