Kompas TV nasional peristiwa

BPJT Pastikan Tol Trans-Jawa di Jatim Aman Dilintasi Setelah Gempa Malang

Kompas.tv - 11 April 2021, 19:24 WIB
bpjt-pastikan-tol-trans-jawa-di-jatim-aman-dilintasi-setelah-gempa-malang
Ilustrasi jalan tol (Sumber: Dokumentasi Kementrian PUPR)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seluruh ruas dari Jaringan Jalan Tol Trans-Jawa yang ada di Jawa Timur (Jatim) dan Bali dipastikan aman untuk dilintasi pasca gempa Malang, Sabtu (10/4/2021).

"Secara pembacaan Safety Health Monitoring System (SHMS) untuk struktur jembatan atau tol layang aman," tutur Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit, seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (10/04/2021).

Dari tujuh ruas jalan tol yang ada di Jatim tidak ada yang mengalami kerusakan signifikan sehingga masih aman untuk digunakan kendaraan.

Baca Juga: Gempa Malang, Kemensos Gerak Cepat Terjunkan 700 Personel Tagana

Ketujuh ruas tersebut adalah Tol Pandaan-Malang, Tol Gempol-Pandaan, Tol Gempol-Pasuruan, Tol Surabaya-Gempol, Tol Surabaya-Mojokerto, Tol Waru-Juanda, serta Tol Surabaya-Gresik.

Bahkan pada Tol Pasuruan-Probolinggo serta Tol Krian-Legundi-Bunder tidak ditemukan kerusakan jalan maupun konstruksi sama sekali.

Hal serupa juga terjadi pada jalan bebas hambatan berbayar di Bali, yakni Tol Bali Mandara yang dalam kondisi aman pasca gempa Malang.

Baca Juga: Pascagempa Malang, Ini 2 Fokus Utama yang Jadi Prioritas Penanganan

Selain itu, BPJT Kementerian PUPR juga menginstruksikan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BPJT) di Jatim dan Bali untuk membantu dukungan logistik dan ambulans bagi wilayah terdampak di sekitar gerbang tol terdekat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x