Kompas TV nasional breaking news

Presiden Jokowi Minta BNPB Segera Tangani Korban Gempa Bumi di Malang

Kompas.tv - 11 April 2021, 19:07 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Presiden Jokowi menyampaikan konferensi pers terkait penanganan dampak gempa bumi di sebagian Malang dan juga wilayah Jawa Timur.

Presiden menyatakan telah memerintahkan BNPB, kementerian terkait, dan juga Pemprov Jawa Timur untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat penanganan gemap di wilayah Jawa Timur dan juga Malang.

"Saya telah memerintahkan kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan dan Menteri PUPR serta panglima TNI dan Kapolri beserta jajaran aparat lainnya juga; Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, dan, Pemerintah Kabupaten untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat," ujar Jokowi dalam video yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden.

Pemerintah dan seluruh rakyat turut menyampaikan duka cita terhadap warga Malang dan sebagian wilayah Jawa Timur yang tertimpa dampak gempa.

Dalam konferensi pers, Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa Indonesia berada di wilayah ring of fire atau cincin api, oleh karena itu Indonesia sering terjadi bencana.

“Saya perlu mengingatkan bahwa kita ini berada di wilayah ring of fire, cincin api. Oleh karena itu, aktivitas alam dapat terjadi setiap saat baik itu gempa dan lain-lain. Oleh sebab itu, saya mengingatkan gubernur, bupati, wali kota untuk terus mengimbau masyarakat untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kesiapsiagaan kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana," kata Jokowi.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,1 skala richter mengguncang sejumlah wilayah di Jawa Timur. Getaran yang dirasakan cukup kencang dan membuat seluruh warga panik dan keluar rumah.  

Pusat gempa berada di laut pada jarak 96 km arah Selatan kota Malang. Gempa ini tidak berpotensi tsunami dan terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

Hingga kini BPBD masih melakukan pendataan terhadap korban dan kerusakan bangunan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x