Kompas TV regional peristiwa

Diguncang Gempa 6,1 Magnitudo, Atap Gedung Sekolah MAN 2 Malang Rusak Parah

Minggu, 11 April 2021 | 18:53 WIB

KOMPAS.TV - Gempa dengan magnitudo 6,1 di Malang, Jawa Timur, merusak sebagian besar bangunan di kota dan kabupaten di Malang termasuk bangunan sekolah.

Salah satu bangunan yang mengalami kerusakan cukup parah adakah gedung Madrasah Aliyah Negeri 2 Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, bagian atap sekolah terlihat mengalami kerusakan.

Sebagian atap gedung di sebagain ruang kelas roboh dan perlu mengalami perbaikan cukup besar, total ada 9 ruang kelas termasuk ruang laboratorium yang hancur akibat gempa.

Tercatat ada 22 kecamatan di Kabupaten Malang yang mengalami dampak cukup parah akibat gempa.

Di Dusun Krajan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, puluhan rumah rusak parah bahkan ambruk. Setidaknya lebih dari seribu bangunan mengalami kerusakan akibat gempa.

Sekitar 55 anggota TNI diterjunkan untuk membantu membersihkan puing bangunan yang roboh akibat gempa.

Sementara di Blitar, Jawa Timur, perbaikan dan pembersihan sisa puing pasca gempa dilakukan ratusan personil gabungan dari BPBD, TNI, dan Polri.

Sejumlah posko bantuan juga mulai disiapkan, beberapa posko tersebut ditempatkan di daerah yang mengalami dampak paling banyak seperti di Kecamatan Wates dan Binangun.

Dari data BPBD ada lebih dari 100 rumah warga yang rusak ringan serta 6 rumah rusak berat. Sementara 12 orang mengalami luka akibat bencana gempa bumi kemarin.

Warga Lumajang, Jawa Timur, yang wilayahnya juga terdampak gempa meminta pemerintah setempat menerjunkan alat berat untuk melakukan pembersihan puing-puing rumah yang ambruk.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung lokasi sekolah MAN 2 yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Malang.

Dalam tinjauan ke lokasi bencana, gubernur meminta pendataan secara tepat dan memprioritaskan penanganan tempat ibadah, layanan kesehatan, dan pendidikan yang terdampak gempa.

Penulis : Natasha Ancely





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:49
PN JAKTIM AKAN MELANJUTKAN SIDANG KASUS KERUMUNAN DENGAN TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB PADA SENIN, 17 MEI 2021   MARIA LUMOWA JUGA DITUNTUT 20 TAHUN PENJARA & DENDA RP 1 MILIAR SUBSIDER 6 BULAN KURUNGAN OLEH JPU,PADA KEJAGUNG   TERDAKWA KASUS PEMBOBOLAN BANK BNI MARIA PAULINE LUMOWA DITUNTUT MEMBAYAR UANG PENGGANTI RP 185,82 MILIAR   PEMPROV DKI JAKARTA SEBUT BANYAKNYA PENOLAKAN SIKM KARENA BANYAK SURAT DOKTER DAN DUKUMEN PERSYARATAN PALSU   DPMPTSP DKI JAKARTA: DARI 3.888 PERMOHONAN, SEBANYAK 2.094 PENGAJUAN SIKM DITOLAK   PEMPROV DKI JAKARTA MENERIMA 3.888 PERMOHONAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) PADA LIMA HARI SEJAK LARANGAN MUDIK   SAMPAIKAN DUKA CITA, MUI SEBUT USTAZ TENGKU ZULKARNAIN MERUPAKAN SOSOK PENDAKWAH YANG SANGAT GIGIH   USTAZ TENGKU ZULKARNAIN MENINGGAL DUNIA PADA 10 MEI 2021 SETALAH DIRAWAT DI RS TABRANI PEKANBARU KARENA COVID-19   PEMPROV PAPUA BUAT TIM KECIL UNTUK KOORDINASI DALAM PENYELENGGARAAN PEKAN OLAHRAGA NASIONAL (PON) XX 2021   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN MINTA PENYALURAN ZAKAT FITRAH DILAKUKAN SECARA LANGSUNG KE TEMPAT PENERIMA   HARI KELIMA LARANGAN MUDIK, SEBANYAK 15.000 PENUMPANG BERANGKAT DARI BANDARA SOEKARNO-HATTA   LARANG WARGA MUDIK, WALI KOTA RAHMAT EFFENDI: BEKASI SUDAH BERHASIL, JANGAN SAMPAI ADA PENINGKATAN KASUS COVID-19   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI KLAIM 98 PERSEN WILAYAHNYA SUDAH MASUK ZONA HIJAU COVID-19   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.545: 3.588 SEMBUH, 190 MENINGGAL DUNIA, DAN 767 DALAM PERAWATAN