Kompas TV nasional politik

Kubu Moeldoko: Ada yang Dorong-Dorong SBY Daftar Merek Partai Demokrat

Minggu, 11 April 2021 | 17:26 WIB
kubu-moeldoko-ada-yang-dorong-dorong-sby-daftar-merek-partai-demokrat
Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Moeldoko Max Sopacua menjelaskan ada pihak yang belum tersentuh hukum di kasus korupsi proyek Hambalang. (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politikus senior Partai Demokrat dari Kubu Moeldoko Max Sopacua menilai keputusan SBY mendaftarkan merek Partai Demokrat atas nama pribadi merupakan hal yang tidak lazim. Menurutnya ada pihak-pihak yang mendorong SBY untuk menempuh langkah tersebut.

“Jadi saya curiga ada yang mendorong SBY mendaftar (ke Dirjen HAKI), karena bagaimanapun yang terjadi ini adalah sesuatu yang langka,” ujar Max Sopacua, kepada KompasTV, Minggu (11/4/2021).

Max yakin, salah satu pihak yang mendorong SBY adalah anggota Majelis Tinggi  Partai Demokrat Syarief Hasan. Sebab Syarief Hasan pernah menyampaikan dukungan terhadap langkah SBY.  

“Pak Syarief Hasan yang mendukung seratus persen pendaftaran oleh SBY ke Dirjen HAKI. Jadi saya curiga,” katanya.

Max berharap Dirjen HAKI Kementerian Hukum dan HAM menolak pendaftaran merek Partai Demokrat yang diajukan SBY. Bahkan Max menyebut nama-nama pemimpin partai politik lain seperti Prabowo Suibianto dan Surya Paloh yang tidak mendaftarkan merek parpol atas nama pribadi.

“Pak Prabowo meskipun mendirikan dan mendanai Partai Gerindra pakai uang pribadi, tetapi tidak pernah mendaftarkan merek Partai Gerindra sebagai milik pribadi. Begitu juga pak Surya Paloh,” tuturnya.

Meski demikian, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (dirjen HAKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyatakan perorangan dan organisasi bisa mendaftarkan merek dagang. Berdasarkan database, merek dagang partai politik pernah didaftarkan oleh perseorangan maupun badan hukum.

Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:47
PRESIDEN ASOSIASI SEPAK BOLA ITALIA ANCAM KELUARKAN JUVENTUS DARI SERIE A APABILA TAK TINGGALKAN LIGA SUPER EROPA   SEBUAH HELIKOPTER JATUH DI PROVINSI YUNAN, TIONGKOK SEBABKAN DUA PILOT TEWAS DAN DUA AWAK LAINNYA HILANG   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: AKTIVITAS MAL HINGGA BIOSKOP DI ZONA MERAH DAN ORANYE DIHENTIKAN SEMENTARA   KEMENAG SULAWESI TENGGARA AKAN FOKUSKAN PANTAUAN 1 SYAWAL 1442 HIJRIAH DI KOLAKA   BMKG: GEMPA MAGNITUDO 5,5 GUNCANG MELONGUANE, KEPULAUAN TALAUD, SULAWESI UTARA, TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO AJAK MASYARAKAT BELANJA PRODUK LOKAL UNTUK LEBARAN   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: PEKERJA MIGRAN YANG PULANG KE INDONESIA DIBERIKAN PENANGANAN KHUSUS   KEMENKO PEREKONOMIAN: JUMLAH PEKERJA MIGRAN INDONESIA YANG PULANG PERIODE APRIL-MEI CAPAI 49.682 ORANG   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO: PPKM MIKRO AKAN DIPERPANJANG MULAI 18 HINGGA 31 MEI 2021   KAKORLANTAS SEBUT PEMUDIK YANG LOLOS PENYEKATAN DI BEKASI AKAN DIPUTARBALIKKAN DI POS BERIKUTNYA   KAKORLANTAS POLRI: ADANYA LARANGAN MUDIK, VOLUME KENDARAAN KE JAWA TENGAH DAN JAWA TIMUR MENURUN   POLDA METRO JAYA KERAHKAN RATUSAN PERSONEL TAMBAHAN UNTUK PERKUAT PENJAGAAN DI BEKASI   HINGGA HARI KELIMA PELARANGAN MUDIK, SUDAH 104.370 KENDARAAN DIPUTAR BALIK OLEH PETUGAS   MENHUB BUDI KARYA SUMADI MENYEBUT KEBIJAKAN LARANGAN MUDIK LEBARAN DITERIMA MASYARAKAT DENGAN BAIK