Kompas TV nasional politik

Prabowo Bentuk Detasemen Kawal Khusus Beranggotakan 100 Lebih Prajurit TNI, Ini Reaksi Anggota DPR

Kompas.tv - 11 April 2021, 16:38 WIB
prabowo-bentuk-detasemen-kawal-khusus-beranggotakan-100-lebih-prajurit-tni-ini-reaksi-anggota-dpr
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam unggahan foto di Instagramnya (25/9/2020) (Sumber: INSTAGRAM/ PRABOWO)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, membentuk Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) di kementerian yang dipimpinnya.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi I DPR RI Syaifullah Tamliha angkat bicara. Ia meminta Prabowo Subianto untuk menjelaskan rencana pembentukan Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) Kemenhan secara utuh kepada Komisi I DPR RI.

Baca Juga: Bertemu Menhan Korsel Suh Wook, Prabowo Jajaki Kerja Sama Industri Pertahanan

Tamliha mengatakan, Prabowo perlu menjelaskan hal tersebut setelah reses di DPR agar semua anggota Komisi I mendapatkan gambaran lengkap terkait Denwalsus Kemenhan.

“Agar kami bisa mendapatkan gambaran secara utuh dan komprehensif,” kata Tamliha dikutip dari Kompas.com pada Minggu (11/4/2021).

Menurut Tamliha, penjelasan itu harus meliputi dengan tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi) serta sumber anggaran dari Denwalsus Kemenhan.

Baca Juga: Farhat Abbas Sebut Hadirnya Jokowi-Prabowo ke Pernikahan Atta dan Aurel Mengganggu Konstitusi

Dari penjelasan itulah, kata dia, nantinya jangan sampai ada tumpang tindih dalam detasemen yang sudah terbentuk di unit organisasi (UO) Angkatan Darat, Laut, dan Udara.

“Menghindari tumpang tindih terhadap detasemen lain yang sudah terbentuk pada unit organisasi (UO) Angkatan Darat, Laut dan Udara,” ucapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, sebelumnya mengatakan Denwalsus bertugas mengawal para tamu militer Kemenhan.

Baca Juga: Menhan Prabowo Bentuk Denwalsus, Berikut Tugasnya

"Sejak lama (Denwalsus) sudah ada di bawah kendali Mabes TNI yang ditugaskan di Kemenhan RI. Hanya saja, memang dilakukan penyegaran personelnya," kata Dahnil saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (10/4/2021).

Dahnil mengatakan, Prabowo sudah meminta kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menyediakan personel-personel yang secara fisik sempurna untuk Denwalsus.

Sebab, mereka akan menjadi tampilan depan dalam setiap upacara penyambutan tamu-tamu Kemenhan.

Baca Juga: Prabowo dan Jokowi Hadiri Peluncuran Jet Tempur KF-X Kerja Sama Korsel-Indonesia

"Makanya Pak Menhan memberikan perhatian khusus terkait hal ini, karena menjadi salah satu simbol wibawa kita sebagai bangsa dan negara," ujarnya.

Lebih lanjut, Dahnil mengatakan, Denwalsus ini berjumlah sekitar 100 orang lebih.

"Ada sekitar 100 orang anggota," tutur Dahnil.

Baca Juga: Menteri Prabowo Bertemu Menlu Korea Selatan di Seoul



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.