Kompas TV internasional kompas dunia

Istana Buckingham Umumkan Tanggal Pemakaman Pangeran Philip, Suami Ratu Inggris Elizabeth II

Kompas.tv - 11 April 2021, 15:55 WIB
istana-buckingham-umumkan-tanggal-pemakaman-pangeran-philip-suami-ratu-inggris-elizabeth-ii
Pangeran Philip, suami Ratu Inggris Elizabeth II, akan dimakamkan di Kapel St. George, kompleks Istana Windsor pada 17 April 2021 (Sumber: British Royal Family Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WINDSOR, KOMPAS.TV - Istana Buckingham Inggris mengumumkan upacara pemakaman Pangeran Philip, suami Ratu Inggris Elizabeth II akan diadakan pada 17 April 2021, demikian diumumkan pada Sabtu (10/04/2021), seperti dilansir Straits Times. 

Selain itu juga dinyatakan bahwa cucu Pangeran Philip, yaitu Duke of Sussex Pangeran Harry akan hadir pada prosesi pemakaman.

Rencana yang sudah berlaku lama untuk pemakaman seorang Adipati harus disusun ulang dan diperkecil karena pembatasan Covid-19, tetapi Istana Buckingham mengatakan perubahan tersebut sangat sejalan dengan keinginan Almarhum Pangeran Philip.

Philip, yang dikenal sebagai Duke of Edinburgh teguh berada di sisi istrinya selama 69 tahun pemerintahannya, meninggal pada hari Jumat di Kastil Windsor pada usia 99 tahun.

Dia akan diberikan pemakaman dengan upacara kerajaan, bukan upacara pemakaman kenegaraan. Artinya, tidak ada prosesi publik dan diadakan sepenuhnya di dalam wilayah Kastil Windsor dan dihadiri maksimal 30 pelayat.

Baca Juga: Pangeran Harry Dikabarkan Akan Datang Tanpa Meghan Markle di Pemakaman Pangeran Philip

Pangeran Philip mendampingi cucunya Pangeran Harry saat menonton Piala Dunia Rugbi 2015 di Twickenham, Inggris. (Sumber: BBC)

"Kita akan merayakan kehidupan Adipati dan menghormati lebih dari 70 tahun pengabdiannya kepada ratu, Inggris dan Persemakmuran," kata Juru Bicara Istana Buckingham.

Pemakaman akan diadakan di kapel St George's dan akan diawali dengan keheningan selama satu menit di seluruh negeri.

Rincian pasti tentang siapa yang akan hadir belum dirilis, namun di antara mereka yang hadir adalah Pangeran Harry, yang wawancaranya dengan Oprah Winfrey bersama istri Meghan bulan lalu menjerumuskan keluarga kerajaan ke dalam krisis terbesarnya dalam beberapa dekade.

Meghan, yang sedang mengandung anak kedua mereka, tidak akan hadir atas saran dokter, kata Istana.

Baca Juga: Dentuman Penghormatan Senjata untuk Mendiang Pangeran Philip

Pangeran Harry berbagi kisah emosional ketika kehilangan ibunya, Putri Diana. Dia memberikan pesan kepada anak-anak lain yang kehilangan orangtuanya karena Covid-19. (Sumber: Associated Press)

Selama wawancara dengan Oprah, Meghan mengatakan permohonan bantuannya saat dia merasa ingin bunuh diri diabaikan, dan salah satu anggota keluarga yang tidak disebutkan namanya bertanya seberapa gelap kulit anak mereka yang belum lahir.

Harry, Duke of Sussex juga mengeluhkan reaksi keluarganya terhadap keputusan pasangan itu untuk mundur dari tugas resmi dan pindah ke Los Angeles.

"Duke of Sussex berencana untuk hadir," kata juru bicara istana.

"The Duchess of Sussex telah dinasihati oleh dokternya untuk tidak bepergian. Jadi Duke akan hadir."

Istana Buckingham menekankan upacara pemakaman akan diadakan sejalan dengan pedoman Covid-19 pemerintah, yang berarti anggota keluarga kerajaan termasuk ratu diharapkan mengenakan masker pelindung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x