Kompas TV entertainment sinopsis film

Sinopsis Film You and I, Kisah tentang Tahanan Politik

Minggu, 11 April 2021 | 15:13 WIB
sinopsis-film-you-and-i-kisah-tentang-tahanan-politik
Cuplikan dari Film Dokumenter You and I (Sumber: Youtube Bioskop Online)

SOLO, KOMPAS.TV - Film You and I sudah bisa disaksikan secara daring di website atau aplikasi Bioskop Online. Dengan biaya 10 ribu rupiah, siapa saja yang menonton bisa hanyut dalam kisah yang berangkat dari sejarah.

Pasalnya, kisah yang diangkat dalam film dokumenter karya Fanny Chotimah ini mengisahkan kehidupan mantan tahanan politik. Kaminah dan Kusdalini namanya, mereka mulanya bertemu usai penangkapan dan dijebloskan penjara pada 1965 sebagai tahanan politik.

Baca Juga: Ibu Kita Kartini, Putri Sejati: Yuk Mengenal Sejarah RA Kartini

Meski pada akhirnya dibebaskan, namun kehidupan mereka tidak pernah lepas dari stigma mantan tahanan politik. Stigma tersebut membuat Kaminah dan Kusdalini tidak bisa melanjutkan pendidikan, bekerja, menikah hingga ditolak oleh keluarga.

Atas dasar kesamaan itulah kemudian membuat keduanya memutuskan untuk tinggal berdua dan menua bersama. Bertahan untuk hidup, menyembuhkan luka, hingga berjanji untuk saling menjaga.

Lewat film yang berdurasi 72 menit ini, dikisahkan pula perjuangan mereka untuk bertahan hidup. Mulai dari membuka warung soto, melayani katering, dan berjualan kerupuk.

Film ini tidak hanya berkisah tentang persahabatan, lewat dokumenter yang sudah menyabet banyak penghargaan ini lebih jauh kita diingatkan tentang sejarah dan luka masa silam yang mungkin hingga kini masih tersimpan. Jasmerah, jangan melupakan sejarah.

Baca Juga: Sejarah TMII; Digagas oleh Tien Soeharto dan Pernah Nunggak Pajak 1,9 Miliar

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Hariyanto Kurniawan

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:22
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19