Kompas TV entertainment sinopsis film

Sinopsis Film You and I, Kisah tentang Tahanan Politik

Kompas.tv - 11 April 2021, 15:13 WIB
sinopsis-film-you-and-i-kisah-tentang-tahanan-politik
Cuplikan dari Film Dokumenter You and I (Sumber: Youtube Bioskop Online)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Film You and I sudah bisa disaksikan secara daring di website atau aplikasi Bioskop Online. Dengan biaya 10 ribu rupiah, siapa saja yang menonton bisa hanyut dalam kisah yang berangkat dari sejarah.

Pasalnya, kisah yang diangkat dalam film dokumenter karya Fanny Chotimah ini mengisahkan kehidupan mantan tahanan politik. Kaminah dan Kusdalini namanya, mereka mulanya bertemu usai penangkapan dan dijebloskan penjara pada 1965 sebagai tahanan politik.

Baca Juga: Ibu Kita Kartini, Putri Sejati: Yuk Mengenal Sejarah RA Kartini

Meski pada akhirnya dibebaskan, namun kehidupan mereka tidak pernah lepas dari stigma mantan tahanan politik. Stigma tersebut membuat Kaminah dan Kusdalini tidak bisa melanjutkan pendidikan, bekerja, menikah hingga ditolak oleh keluarga.

Atas dasar kesamaan itulah kemudian membuat keduanya memutuskan untuk tinggal berdua dan menua bersama. Bertahan untuk hidup, menyembuhkan luka, hingga berjanji untuk saling menjaga.

Lewat film yang berdurasi 72 menit ini, dikisahkan pula perjuangan mereka untuk bertahan hidup. Mulai dari membuka warung soto, melayani katering, dan berjualan kerupuk.

Film ini tidak hanya berkisah tentang persahabatan, lewat dokumenter yang sudah menyabet banyak penghargaan ini lebih jauh kita diingatkan tentang sejarah dan luka masa silam yang mungkin hingga kini masih tersimpan. Jasmerah, jangan melupakan sejarah.

Baca Juga: Sejarah TMII; Digagas oleh Tien Soeharto dan Pernah Nunggak Pajak 1,9 Miliar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x