Kompas TV nasional peristiwa

54 Perusahaan Tunggak THR 2020, KSBI Minta Tak Ada Lagi Angsuran THR 2021

Kompas.tv - 11 April 2021, 13:05 WIB
54-perusahaan-tunggak-thr-2020-ksbi-minta-tak-ada-lagi-angsuran-thr-2021
Ilustrasi Uang THR (Sumber: iStockPhoto via Kompas.com)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSBI) meminta tidak ada lagi perusahaan yang menyicil uang tunjangan hari raya (THR) untuk pekerjaannya.

Sebab menurut catatan KSBI, untuk 2020 lalu saja, masih ada sebanyak 54 perusahaan yang belum melunasi kewajiban THR.

“Ini masalahnya  banyak (perusahaan) yang sebenarnya mampu (memberikan THR), tetapi pura-pura tidak mampu,” kata Presiden KSBI Said Iqbal dalam konfrensi pers di Jakarta Minggu (11/4).

Konferensi pers itu sendiri untuk membahas rencana aksi massa buruh pada Senin 12 April, besok.

Baca Juga: Buruh Gelar Aksi Massa Besar Besok, Tolak THR Dicicil

Menurut Said Iqbal mayoritas perusahaan yang menunggak THR dan belum membayarnya hingga saat ini antara lain bergerak di bidang tekstil dan garmen. Kemudian juga perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan sepatu, pengolahan makanan dan minuman serta pembuatan komponen elektronik.

Sementara, kata Iqbal, menurut laporan yang masuk ke  organisasi buruh Serikat Pekerja Nasional (SPN), ada 1.487 buruh yang saat ini, belum lunas pembayaran THR 2020. Sementara perusahaan yang dilaporkan sebanyak 13 perusahaan.

Namun, kata Iqbal, banyak perusahaan lain yang tidak melunasi THR, membuat kesepakatan dengan buruh.  Kesepakatan tersebut dibawa ke dinas ketenakerjaan, tetapi tetap tidak melaksanakan kewajibannya hingga kini.

“Jadi jangan ada cicilan THR lagi. 2020 saja belum lunas kok, ini mau ngutang lagi,” katanya.

Sampai saat ini, Iqbal menuturkan bahwa tidak ada satu pun perusahaan penunggak THR yang diberikan sanksi oleh Kementerian Tenaga Kerja. “Kami belum menerima kabar satu pun ada yang disanksi Kemenaker,” paparnya.

(Vidi Batlolone)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.