Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Erick Thohir: Seri Pertama IBL Bukti Pemulihan Kesehatan dan Ekonomi Bisa Berjalan Beriringan

Kompas.tv - 11 April 2021, 09:16 WIB
erick-thohir-seri-pertama-ibl-bukti-pemulihan-kesehatan-dan-ekonomi-bisa-berjalan-beriringan
Menteri BUMN Erick Thohir. (Sumber: Kementerian BUMN)
Penulis : Fadhilah | Editor : Zaki Amrullah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir mengapresiasi sejumlah kegiatan masyarakat yang tetap mengindahkan protokol ketat keselamatan selama pandemi Covid-19.

Salah satunya yakni event Indonesia Basket League (IBL) 2021 yang dinilai sukses. Gelaran tersebut sebagai contoh bagaimana industri olahraga bisa tetap berjalan tanpa melupakan protokol kesehatan (prokes) selama pandemi.

IBL menggunakan sistem gelembung (bubble) yang mana sistem ini mencegah seluruh atlet dan segala perangkat yang terlibat dalam kompetisi berinteraksi dengan orang di luar gelembung.

Baca Juga: Erick Thohir ke China untuk Belajar Pengelolaan BUMN dan Pastikan Investasi Baterai Listrik

Seluruh pihak yang terlibat dalam IBL 2021 berada dalam satu wilayah di Cisarua yang diproteksi dari interaksi dengan orang di luar gelembung. Sistem ini dirancang untuk membatasi kontak dengan orang luar demi mencegah penebaran virus corona. 

Menurut Erick, kesuksesan pelaksanaan IBL secara industri olahraga maupun prokes membuktikan bagaimana pemulihan kesehatan dan ekonomi dapat berlangsung seiring dan sejalan.

"Kita dapat menjadikan kesuksesan seri pertama IBL sebagai bukti bagaimana pemulihan kesehatan dan ekonomi bisa berjalan dengan seiring. Kita bisa melihat, walau dengan sistem bubble, tidak mengurangi kualitas kompetisi dan mampu menghibur masyarakat. Dan syukur Alhamdulillah hal ini dibarengi dengan standar kesehatan dan keselamatan yang disiplin dan baik," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya, Minggu (11/4/2021). 

Erick pun berharap bahwa kesuksesan seri pertama IBL dapat menjadi awal kebangkitan industri secara umum, khususnya olahraga.

Baca Juga: Momen Jokowi Goda Erick Thohir: Baru Beli Persis Solo, Semua Dibeli...

Ia optimistis, dengan menyeimbangkan disiplin prokes dan kepentingan olahraga, maka hal itu akan memberi dampak yang sangat besar bagi masyarakat.

"Ekonomi akan terus berputar, di sisi lain atlet akan terus berkompetisi untuk meningkatkan kemampuan. Dan masyarakat akan tetap mendapatkan hiburan. Sehingga perlahan kita bersama dapat melalui pandemi dengan optimistis tanpa melupakan disiplin protokol kesehatan," jelas Erick.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.