Kompas TV nasional budaya

Keraton Yogyakarta Luncurkan Tari Bedhaya Mintaraga Karya Baru Sultan Hamengku Buwono X

Minggu, 11 April 2021 | 08:38 WIB
keraton-yogyakarta-luncurkan-tari-bedhaya-mintaraga-karya-baru-sultan-hamengku-buwono-x
Sembilan Penari Bedhaya Mintara di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti Keraton Yogyakarta (Sumber: Dokumentasi Keraton Yogyakarta)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Keraton Yogyakarta meluncurkan Tari Bedhaya Mintaraga pada puncak peringatan ulang tahun ke-75 Sri Sultan Hamengku Buwono X, sekaligus peringatan kenaikan takhta ke-32 berdasarkan tahun Masehi.  Tari Bedhaya Mintaraga ini diilhami dari Serat Lenggahing Harjuna karya Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Tari Bedhaya Mintaraga ditampilkan perdana pada Sabtu (10/04/2021) malam dan ditayangkan langsung melalui kanal Youtube Kraton Yogya. Dibawakan oleh sembilan penari, Mintaraga diambil dari gelar yang disandang oleh tokoh pewayangan Raden Harjuna saat bertapa di Gua Indrakila.

Baca Juga: Serah Terima "Uba Rampe" dari Keraton Yogyakarta dalam Gelaran Upacara Adat Labuhan Merapi

Dikutip dari laman kratonjogja.id, gelar Mintaraga diperoleh Raden Harjuna berkat usahanya yang berhasil mengendalikan hawa nafsu atau mesu budi, baik jasmani dan rohani. Selama tarian berlangsung, para penari Bedhaya Mintaraga diiringi oleh Gendhing Danasmara Laras Slendro Pathet Sanga.

Pada penampilan pertama ini, animo masyarakat cukup besar terlihat dari jumlah penonton makin bertambah saat siaran berlangsung. Tercatat pada pukul 20.22 WIB, ada 699 akun yang menonton siaran langsung, sementara hingga tulisan ini dirilis tercatat sudah ada 8.798 akun yang menyaksikan Tari Bedhaya Mintaraga di kanal Youtube Keraton Yogya.

Beberapa penonton yang menyaksikan diantaranya turut mengomentari di kolom live chat.

"Nderek mangayubagya sami mirsani bedhaya adiluhung Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat. Nguri-uri kabudayaan ingkang anggadhahi nilai luhur. (Turut menyambut dan menyaksikan kemuliaan Bedhaya Keraton Yogyakarta. Melestarikan budaya yang memiliki nilai tinggi). Sungguh istimewa," ujar Dimas Ario Sumilih.

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:35
KALAHKAN UKRAINA DI SEMIFINAL PIALA DUNIA PANAHAN, TIM PANAHAN INDONESIA REBUT SATU TIKET KE OLIMPIADE TOKYO 2020   KLHK BENTUK SATUAN PELAKSANAAN, PENGAWASAN, & PENGENDALIAN KAWAL UU CIPTA KERJA BIDANG LINGKUNGAN HIDUP & KEHUTANAN   KEMENPERIN GENJOT DAYA SAING DAN EKSPOR INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) MAKANAN DAN MINUMAN   WALI KOTA MADIUN MAIDI SEBUT MENKES AKAN MENAMBAH JATAH VAKSIN BAGI KOTA MADIUN   GANDENG KPK, WALI KOTA SEMARANG HENDRAR PRIHADI TEGASKAN KOMITMEN CEGAH DAN BERANTAS KORUPSI   SATGAS BEKASI TINGKATKAN KAPASITAS PELAYANAN PEMERIKSAAN UNTUK MENDETEKSI COVID-19 JADI 5.000 TES PER HARI   KETUA PB IDI INGATKAN BAHAYA VIRUS KORONA VARIAN DELTA BAGI IBU HAMIL, IBU MENYUSUI, DAN ANAK-ANAK   KETUA PB IDI DAENG MUHAMMAD FAQIH: BEBAN NAKES MENINGKAT DRASTIS DI DAERAH DENGAN LONJAKAN KASUS COVID-19   KASUS COVID-19 MELONJAK, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA IBU KOTA HABISKAN AKHIR PEKAN DI RUMAH SAJA   KASUS COVID-19 MELONJAK, WALI KOTA DEPOK TINGKATKAN "WORK FROM HOME" DARI 50 MENJADI 70 PERSEN   JUBIR SATGAS COVID-19: BODETABEK DAN BANDUNG RAYA MULAI BISA VAKSINASI WARGA USIA 18 TAHUN KE ATAS   IDI: VIRUS KORONA VARIAN DELTA LEBIH BERBAHAYA, BANYAK MENYERANG ORANG BERUSIA MUDA   DINKES DKI: PASIEN COVID-19 YANG AKAN DIISOLASI DI RUSUN NAGRAK HARUS MELALUI RUJUKAN PUSKESMAS TERLEBIH DAHULU   DINKES DKI: RUSUN NAGRAK DISIAPKAN UNTUK ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19 YANG TERUS TERJADI DI DKI JAKARTA