Kompas TV internasional kompas dunia

Inilah Rencana Pemakaman Pangeran Philip, Suami Ratu Inggris Elizabeth II

Kompas.tv - 11 April 2021, 06:05 WIB
inilah-rencana-pemakaman-pangeran-philip-suami-ratu-inggris-elizabeth-ii
Kapel St. George yang didalamnya terdapat ruang makam keluarga kerajaan Inggris raya. Pangeran Philip akan dimakamkan di salah satu ruangan. (Sumber: Royal Collection UK)
Penulis : Edwin Shri Bimo

 

ISTANA WINDSOR, KOMPAS.TV - Persiapan pemakaman sedang dilakukan untuk Pangeran Philip, suami Ratu Inggris Elizabeth II, yang meninggal pada hari Jumat, (09/04/2021) di usia 99 tahun.

 

Detailnya akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang, tetapi ini diharapkan lebih menjadi acara seremonial daripada urusan kenegaraan besar yang biasanya dikaitkan dengan kematian seorang raja.

Seperti dilaporkan BBC, Minggu, (11/04/2021), Pemerintah Inggris mengumumkan bendera nasional Inggris Raya, the Union Jack dan bendera nasional akan dikibarkan setengah tiang di seluruh gedung pemerintah hingga pukul 08:00 setempat pada hari setelah pemakaman.

Bendera Union Jack akan dikibarkan setengah tiang di gedung kerajaan selama Ratu tidak berada di gedung tersebut

Royal Standard, yang mewakili kedaulatan dan kelanjutan monarki, tidak pernah berkibar setengah tiang dan akan dikibarkan dengan tiang penuh dimanapun Ratu berada.

Peta St. George Chapel dan Kastil Windsor (Sumber: BBC)

Penghormatan senjata dilakukan di seluruh Inggris dan di Gibraltar pada tengah hari pada hari Sabtu waktu setempat.

Meriam akan menembakkan 41 peluru pada satu tembakan setiap menit selama 40 menit di Edinburgh, Cardiff, London, Kastil Hillsborough di Irlandia Utara dan di pangkalan angkatan laut Devonport dan Portsmouth.

Kapal Angkatan Laut Kerajaan, termasuk HMS Diamond dan HMS Montrose, juga memberikan penghormatan kepada Pangeran Philip. Almarhum sempat bertugas sebagai perwira angkatan laut selama Perang Dunia Kedua dan memegang gelar Lord High Admiral.

Untuk menghormati perkabungan, partai politik utama di Inggris, Skotlandia dan Wales menangguhkan kampanye untuk pemilihan bulan depan. House of Commons akan duduk pada hari Senin agar anggota parlemen dapat memberikan penghormatan kepada jenazah Pangeran Philip.


Bagaimana publik bisa memberikan penghormatan?
Pembatasan sosial Covid-19 yang cukup ketat di Inggris berarti rencana standar akan berubah dan pemakaman prosesinya juga akan berubah.

Anggota masyarakat diminta untuk tidak menghadiri acara pemakaman, sejalan dengan perintah pembatasan sosial bagi masyarakat.

Keluarga Kerajaan juga meminta rakyatnya untuk tidak memberikan bunga dan tanda mata di kediaman kerajaan.

Di situs web Keluarga Kerajaan, anggota masyarakat diminta untuk memberi sumbangan ke badan amal daripada bunga untuk mengenang Pangeran Philip.

Sebuah buku duka cita online juga tersedia bagi publik untuk mengirimkan penghormatan pribadi mereka.

Sebuah plakat yang dipajang di luar Istana Buckingham mengumumkan kematian Adipati Edinburgh namun kemudian dilepas karena dikhawatirkan akan menarik banyak orang. Namun, orang-orang meninggalkan bunga, kartu, dan tanda mata di luar istana dan di Kastil Windsor, meskipun ada permintaan untuk tidak melakukannya.

Denah ruang makam kerajaan di Kapel St. George. (Sumber: Royal Windsor/College of St. George)

Apakah Pangeran Philip, Duke of Edinburgh akan dibaringkan untuk penghormatan?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x