Kompas TV entertainment film

Mengenal Tata Rias Prostetik Habibie Ainun 3

Minggu, 11 April 2021 | 01:35 WIB
mengenal-tata-rias-prostetik-habibie-ainun-3
Reza Rahardian memeankan Habibie (Sumber: youtube MD Pictures)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Masih ingat dengan film Habibie Ainun 3 lalu. Dalam film tersebut Reza Rahardian berperan sebagai Prof BJ Habibie di masa tua.

Film bergenre drama biopik ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo serta diproduksi oleh Manoj Punjabi (MD Pictures). Dalam peran tersebut Reza Rahardian didandani secara total agar wajahnya mirip Pak Habibie kala tua.

Make up yang digunakan tersebut dikenal dengan teknik prostetik. Prostetik merujuk pada pengertian kata benda yang mana dalam industri hiburan dimaksudkan sebagai fitur tambahan.

Baca Juga: Angin Robohkan Tenda Peresmian RS. HABIBIE AINUN

Sederhananya adalah benda berbahan fleksibel dan seringnya diaplikasikan ke wajah untuk menunjang efek penampilan yang diinginkan.

Melansir dari Kompas.id, prostetik dalam industri film masuk dalam tata rias khusus yang terbagi menjadi tiga. Pertama Special Makeup Effect (SFX), adalah pembuatan efek tata rias untuk terlihat nyata. Misalnya luka akibat senjata, efek wajah orang yang sudah tua, atau efek wajah orang sakit.

Kedua, Prosthetics Makeup. Seni tata rias dengan implan/bagian palsu untuk memodifikasi anggota atau organ tubuh, misalnya bagian tubuh yang terbakar, terbelah, atau putus.

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:30
KEJAKSAAN AGUNG AKAN LELANG ASET SITAAN KASUS KORUPSI JIWASRAYA DAN ASABRI DALAM WAKTU DEKAT   GUBERNUR JAWA TIMUR KHOFIFAH INDAR PARAWANSA SERAHKAN SEMUA PROSES HUKUM BUPATI NGANJUK KE KPK   SATU ORANG TEWAS DALAM PENEMBAKAN DI BANDARA VANCOUVER, KANADA   PBNU MINTA PEMERINTAH SEGERA AMBIL LANGKAH DIPLOMATIS SOAL PALESTINA   WAMENAG ZAINUT TAUHID SA’ADI: TINDAKAN NEGARA ISRAEL KEJI DAN MELANGGAR HAM   JELANG IDUL FITRI, SATPOL PP JAKARTA BARAT AKAN FOKUS CEGAH KERUMUNAN DI KAWASAN KOTA TUA   HUMAS TMII: TMII BATASI PENGUNJUNG HANYA 30 PERSEN SAAT LIBUR LEBARAN   POLRESTA CIREBON PUTAR BALIKKAN 6.000 PEMUDIK SEPEDA MOTOR PADA MINGGU MALAM HINGGA SENIN DINI HARI   SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT SILATURAHMI LEBARAN DENGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI VIRTUAL   GUBERNUR SULTENG SALURKAN 1.000 PAKET PANGAN UNTUK WARGA KURANG MAMPU   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP PERUM BULOG TERUS MELAKUKAN ADAPTASI TERHADAP PERKEMBANGAN ZAMAN   SEKJEN KEMNAKER ANWAR SANUSI MINTA KEPADA PEKERJA LAPORKAN PELANGGARAN PEMBAYARAN THR KE POSKO THR TERDEKAT   KEMENAG: SHALAT IDUL FITRI DI MASJID HANYA UNTUK ZONA HIJAU DAN KUNING   PVMBG IMBAU WARGA DAN WISATAWAN UNTUK TIDAK MENDEKAT KE ZONA BAHAYA GUNUNG SINABUNG