Kompas TV regional sosial

BNPB Minta BPBD NTT Buat SOP Menghadapi Siklon Tropis Seroja

Minggu, 11 April 2021 | 00:17 WIB
bnpb-minta-bpbd-ntt-buat-sop-menghadapi-siklon-tropis-seroja
Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi terdampak banjir bandang di NTT, Jumat (9/4/2021) (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) NTT untuk membuat standart operational procedure (SOP) sebagai bentuk mitigasi menghadapi siklon tropis seroja di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Tujuannya SOP ini adalah untuk mencegah korban jiwa yang terjadi, sehingga tidak terulang kembali di kemudian hari.

Doni menjelaskan Nusa Tenggara Timur merupakan wilayah yang relatif mendapat curah hujan yang minim setiap tahun. Namun, ketika terjadi siklon tropis seroja, kondisi cuaca berubah secara drastis.

“Tetapi ketika ada siklon tropis, maka hujan lebat terjadi, angina kencang melanda, dan dampaknya adalah kerusakan yang masif," kata Doni dalam konferensi pers via Zoom, Sabtu (10/4/2021) malam pukul 20.00 WIB.

Dari hasil kajian data korban yang dilakukan BNPB, kebanyakan masyarakat yang menjadi korban bencana tinggal di daerah-daerah kaki bukit yang merupakan daerah aliran sungai.

Baca juga: Update BNPB: Korban Bencana NTT Capai 174 Orang Meninggal, 48 Hilang

Ketika curah hujan tinggi, terjadi penyumbatan hingga membentuk bendungan air secara alami. Pada saat beban volume air tidak bisa dibendung lagi, maka terjadilah banjir bandang.

Penulis : Baitur Rohman | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:14
MUI MENDORONG AGAR SETIAP NEGARA UPAYAKAN PERDAMAIAN ANTARA ISRAEL DAN PALESTINA   MUI MENGECAM KEKERASAN YANG DILAKUKAN POLISI ISRAEL TERHADAP WARGA PALESTINA   ISRAEL KERAHKAN 5.000 TENTARA CADANGAN DI TENGAH KONFLIK DENGAN MILITAN GAZA   PRESIDEN JOKOWI DESAK DEWAN KEAMANAN PBB TANGANI KONFLIK ISRAEL DAN PALESTINA   ARKEOLOG MESIR TEMUKAN 250 KUBURAN BATU DI SUHAJ ATAU SOHAG BERUSIA 4.200 TAHUN   AS BERSEDIA BERBAGI VAKSIN COVID-19 DENGAN KOREA UTARA UNTUK MEMERANGI PANDEMI KORONA   MUI SUMATERA UTARA IMBAU MASYARAKAT TIDAK GELAR TAKBIR KELILING PADA MALAM IDUL FITRI   KEMENAG DIY BATASI KHOTBAH SHALAT ID MAKSIMAL HANYA 20 MENIT GUNA KURANGI INTENSITAS WARGA BERKUMPUL DI SATU TEMPAT   MASJID GEDHE KAUMAN DIY SIAP GELAR SHALAT ID DENGAN PROKES KETAT DAN JUMLAH JEMAAH MAKSIMAL 600 ORANG   POLDA METRO JAYA GELAR OPERASI SKALA BESAR PENGAMANAN LARANGAN TAKBIR KELILING DI JAKARTA   POLDA METRO JAYA AKAN TERJUNKAN PERSONEL UNTUK JAGA KEAMANAN DI SEKITAR LOKASI WISATA DI JAKARTA   POLISI AKAN BUKA TUTUP AKSES LALU LINTAS KENDARAAN KE TEMPAT WISATA DI JAKARTA SAAT LIBUR LEBARAN   HINGGA HARI INI, POSKO THR KEMNAKER TERIMA 2.897 LAPORAN DI ANTARANYA 2.205 PENGADUAN THR DAN 692 KONSULTASI THR   MENTERI BUMN ERICK THOHIR BENTUK PANITA ANTAR-KEMENTERIAN UNTUK SUSUN RANCANGAN PP PENGGABUNGAN BUMN PANGAN