Kompas TV regional berita daerah

Menikmati Rujak Kocok Jambu Kristal

Sabtu, 10 April 2021 | 23:34 WIB

PEMALANG, KOMPAS.TV - Salah satu rujak yang kini digemari warga Kabupaten Pemalang ialah rujak kocok jambu kristal. Para pedagang kini menjamur di sejumlah lokasi menawarkan kesegaran dan manisnya kuliner ini.

 

Salah satunya lapak rujak jambu kristal yang berada di komplek Pasar Petarukan, pemalang. Yang unik kuliner rujak jambu kristal ini adalah olah rujaknya yang tidak memakai gula aren. Melainkan bumbu tabur dan cabai kering yang dicampurkan ke jambu.

 

Cara pembuatannya pun mudah. Jambu awalnya dikupas terlebih dahulu, kemudian disimpan di dalam es agar dingin dan segar. Kemudian diiris dan dimasukkan ke Kotak, diberi bumbu berupa garam, cabai kering dan rempah lainnya.

 

Setelah itu dikocok selama satu menit dan rujak jambu kocok siap dihidangkan. Salah seorang pembeli kholila mengatakan rujak ini berbeda karena lebih segar dipadukan rasa manis asin dan gurih dari bumbu rempah.

 

Sementara pedagang mengaku ide menjual rujak jambu kristal berawal dari media sosial yang ramai. Kemudian berdagang dan kini menjadi primadona jajanan di pemalang. Dalam sehari Devi bisa menghabiskan 30 kilogram jambu kristal dengan harga per porsinya 10 ribu rupiah. Pembelinya pun dari berbagai penjuru dari Kota pemalang.

Penulis : KompasTV Pekalongan





BERITA LAINNYA


BUMN

CT Kembali Beli Saham Garuda Rp317 M

Selasa, 11 Mei 2021 | 17:07 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:11
KSPI DESAK PEMERINTAH HENTIKAN KEDATANGAN TKA DARI NEGARA MANA PUN SELAMA MASA PANDEMI KORONA   SEBANYAK 63 DARI 7.948 TKI YANG TIBA DI JATIM POSITIF TERINFEKSI COVID-19   PEMERINTAH TELAH MEMBAYAR GANTI RUGI PENGADAAN TANAH JALAN TOL YOGYAKARTA-SOLO SENILAI RP 1,15 TRILIUN   WALI KOTA BEKASI RAHMAT EFFENDI IZINKAN WARGA SHALAT ID DI MASJID DENGAN PROKES KETAT   KAPOLRES BEKASI SEBUT PEMBUKAAN PENYEKATAN DI PERBATASAN BEKASI-KARAWANG UNTUK URAI KERUMUNAN   WALI KOTA BOGOR BIMA ARYA SUGIARTO: SELURUH TPU DI KOTA BOGOR DITUTUP PADA 12-16 MEI 2021   PEMKOT BOGOR MELARANG KEGIATAN ZIARAH KUBUR SELAMA LEBARAN   SEBANYAK 9 TPU DI JAKARTA UTARA DITUTUP SEMENTARA UNTUK KEGIATAN ZIARAH PADA 12-16 MEI 2021   POLDA LAMPUNG GAGALKAN PENYELUNDUPAN 6,7 KG SABU KE LAPAS MENGGUNAKAN PESAWAT TANPA AWAK (DRONE)   MENHUB BUDI KARYA SUMADI TIADAKAN SEMENTARA PENERBANGAN PESAWAT CARTER LUAR NEGERI HINGGA 17 MEI 2021   SATGAS COVID-19 MINTA PEMDA PERBAIKI SISTEM PENGAWASAN DI TINGKAT KABUPATEN/KOTA JELANG IDUL FITRI   BARESKRIM POLRI DALAMI DUGAAN ALIRAN DANA KE PARPOL DALAM KASUS DUGAAN JUAL-BELI JABATAN PEMKAB NGANJUK   SELAIN BUPATI NGANJUK, POLISI MENAHAN 6 TERSANGKA LAIN DALAM DUGAAN KASUS SUAP JUAL-BELI JABATAN PEMKAB NGANJUK   POLRI PERIKSA 18 SAKSI TERKAIT OTT BUPATI NGANJUK NOVI RAHMAN HIDAYAT DALAM DUGAAN KASUS SUAP JUAL-BELI JABATAN