Kompas TV regional berita daerah

Menikmati Rujak Kocok Jambu Kristal

Kompas.tv - 10 April 2021, 23:34 WIB

PEMALANG, KOMPAS.TV - Salah satu rujak yang kini digemari warga Kabupaten Pemalang ialah rujak kocok jambu kristal. Para pedagang kini menjamur di sejumlah lokasi menawarkan kesegaran dan manisnya kuliner ini.

 

Salah satunya lapak rujak jambu kristal yang berada di komplek Pasar Petarukan, pemalang. Yang unik kuliner rujak jambu kristal ini adalah olah rujaknya yang tidak memakai gula aren. Melainkan bumbu tabur dan cabai kering yang dicampurkan ke jambu.

 

Cara pembuatannya pun mudah. Jambu awalnya dikupas terlebih dahulu, kemudian disimpan di dalam es agar dingin dan segar. Kemudian diiris dan dimasukkan ke Kotak, diberi bumbu berupa garam, cabai kering dan rempah lainnya.

 

Setelah itu dikocok selama satu menit dan rujak jambu kocok siap dihidangkan. Salah seorang pembeli kholila mengatakan rujak ini berbeda karena lebih segar dipadukan rasa manis asin dan gurih dari bumbu rempah.

 

Sementara pedagang mengaku ide menjual rujak jambu kristal berawal dari media sosial yang ramai. Kemudian berdagang dan kini menjadi primadona jajanan di pemalang. Dalam sehari Devi bisa menghabiskan 30 kilogram jambu kristal dengan harga per porsinya 10 ribu rupiah. Pembelinya pun dari berbagai penjuru dari Kota pemalang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.