Kompas TV klik360 cerita indonesia

Detik-Detik Gempa M 6,1 Guncang Malang dan Sekitarnya

Sabtu, 10 April 2021 | 20:55 WIB

MALANG, KOMPAS.TV – Gempa berkekuatan Magnitudo 6,1 mengguncang wilayah Malang dan Sekitarnya pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkap pusat gempa berada di 96 Kilometer barat daya Kabupaten Malang dan berada di lepas pantai dengan kedalaman 25 kilometer.

Menurut BMKG, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati membeberkan, gempa Malang berkuatan menengah. Gempa ini terbentuk karena aktivitas di pertemuan antar lempeng tektonik atau subduksi.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault,” kata Raditya dalam siaran pers BMKG, Sabtu (10/4).

Dampak gempa yang terjadi di wilayah Blitar menyebabkan bangunan rumah warga dan beberapa bagian Rumah Sakit Umum Daerah Mardhi Waluyo ambruk.

Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Blitar juga dilaporkan mengalami kerusakan parah.

Sejumlah rumah warga di wilayah Kabupaten Malang, Lumajang juga ambruk akibat gempa ini.

Dilansir dari Kompas.com, Hingga kini Sabtu pukul 18.00 WIB dilaporkan enam orang meninggal dan satu orang luka berat.

3 orang meninggal di Kabupaten Lumajang, 2 orang di antara wilayah Lumajang dan Kabupaten Malang dan serang lagi di Kabupaten Malang.

Sejauh ini, petugas masih terus melakukan pendataan terkait dampak dan kebutuhan pascagempa.

Penulis : Theo Reza





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:51
PELATIH TIMNAS INDONESIA SHIN TAE-YONG TARGETKAN KEMENANGAN DALAM LAGA KUALIFIKASI PIALA DUNIA PADA JUNI 2021   INDONESIA KECAM PENGUSIRAN PAKSA WARGA PALESTINA OLEH POLISI ISRAEL SAAT TARAWIH DI MASJID AL AQSA DI JERUSALEM   HARI INI PANGLIMA TNI DAN KAPOLRI TINJAU POS PENYEKATAN ARUS MUDIK 2021 DI TOL PEJAGAN KM 248 BREBES, JATENG   PEMPROV DKI JAKARTA MENOLAK 1.132 PENGAJUAN SURAT IZIN KELUAR MASUK (SIKM) DARI TOTAL 2.189 PERMOHONAN PADA 6-8 MEI 2021   POLDA METRO JAYA AKAN KERAHKAN PERSONEL TAMBAHAN UNTUK ANTISIPASI PENEROBOSAN POS PENYEKATAN MUDIK LEBARAN   PEMERINTAH PERKETAT PELABUHAN MERAK-BAKAUHENI YANG MERUPAKAN PINTU KELUAR MASUK DARI PULAU JAWA KE PULAU SUMATERA   MENKES: MASYARAKAT YANG BEPERGIAN DARI & KE SUMATERA, WAJIB LAMPIRKAN SURAT BEBAS COVID-19 MELALUI TES USAP ANTIGEN   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: KASUS MUTASI VIRUS KORONA BANYAK DITEMUKAN DI PULAU SUMATERA, TERUTAMA DI PALEMBANG   KOMBES POL HENGKI HARYADI TEGASKAN PELANGGAR KERUMUNAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DAPAT DIPIDANA   KAPOLRES METRO JAKARTA PUSAT KOMBES POL HENGKI HARYADI MELARANG SEGALA BENTUK KERUMUNAN SAAT MALAM TAKBIRAN    TIGA HARI LARANGAN MUDIK, PT JASA MARGA MENCATAT 245.496 KENDARAAN MENINGGALKAN JABODETABEK MELALUI JALAN TOL   EGM BANDARA HALIM PERDANAKUSUMA NANDANG SUKARNA: BANYAK MASKAPAI BERALIH JADI ANGKUTAN KARGO SAAT LARANGAN MUDIK   SEJAK LARANGAN MUDIK, HANYA SATU PENERBANGAN NIAGA DARI BANDARA HALIM PERDANAKUSUMA   PATROLI LAUT KEMENHUB CEGAT TIGA KAPAL “SERVICE BOAT” YANG NEKAT ANGKUT PEMUDIK DI PESISIR TELUK JAKARTA